Hijrah ke Linux

akhifaisal.blogspot.com

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.

Assalamu'alaikum ikhwani wa akhwati fillah, nama saya Faisal, saya sama dengan beberapa dari kalian semua yang suka akan teknologi, editing visual dan game. tentu disela-sela hari kita selain bekerja kita akan sempatkan untuk mengerjakan hobi kita. tentu jika ditanya apa hobi saya pasti akan saya jawab Desain Grafis dan bermain game.

Berawal dari ketertarikan saya akan Desain Grafis, Alhamdulillah sampai saat ini saya dapat bekerja sesuai dengan apa yang saya sukai yaitu desain grafis pula, bagi kita dengan pekerjaan seperti ini pastinya peran PC/Komputer sangatlah penting. Dari jaman SMA sampai Kuliah belajar mendesain memang cukup membuat saya paham akan keterampilan mendesain dan secara otomatis terasah untuk selalu berfikir kreatif, bukan hanya itu, keterampilan saya dalam memahami perangkat lunak dan keras dalam PC juga semakin terasah, karena masalah-masalah yang saya alami seperti Bluescreen, RAM bermasalah, Hardisk Bad Sector dan Lain-lain memaksa saya untuk paham dan bisa memperbaiki itu semua.

Tidak lupa juga tentunya dengan keterbatasan ekonomi, sudah pasti Operation System (OS) yang saya gunakan adalah bajakan, begitu pula Software pendukungnya seperti Adobe Photoshop, Illustrator, After Effect dan Premiere Pro juga bajakan.
Tentu pada saat itu walaupun tahu bahwa membajak itu berarti mencuri, tapi berdalih untuk belajar saya tetap memakai yang bajakan sampai-sampai hal itu sudah menjadi konsentrasi lagi.

Singkat cerita semakin bertambah umur, dan saya yang sudah bekerja dan tiga tahun setelah itu menikah, saya merasa butuh untuk lebih meningkatkan keimanan saya, sebagai muslim saya sudah merasa sangat jauh dari hukum-hukum islam. Sebagai seorang suami pasti ingin memberikan harta yang halal, setelah berfikir panjang dan mengikuti beberapa kajian sunnah dari tauhid sampai membahas harta yang halal

Tidak dibenarkan bagi kita untuk menggandakan program-program komputer yang pemiliknya melarang untuk digandakan atau hanya memakainya kecuali atas seizinnya. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
المُسْلِمُوْنَ عَلَى شُرُوطِهِمْ
Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menuturkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Umat Islam berkewajiban untuk senantiasa memenuhi persyaratan mereka. Shahih Al Jaami no. 6714. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.
Dan juga berdasarkan sabda beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam,
لاَ يَحِلُّ مَالُ امْرِئٍ مُسْلِمٍ إِلاَّ بِطِيبة من نَفْسٍ
Tidaklah halal harta seorang muslim kecuali atas kerelaan darinya. HR. All Baihaqi dan Daruquthni. Lihat Irwaul Gholil no. 1459. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih
Dan juga berdasarkan sabda beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam,
مَنْ سَبَقَ إِلَى مُبَاحٍ فَهُوَ أَحَقُّ بِهِ
Barang siapa telah lebih dahulu mendapatkan sesuatu yang mubah (halal) maka dialah yang lebih berhak atasnya“. Hukum ini berlaku baik pencetus program adalah seorang muslim atau kafir selain kafir harbi (yang dengan terus terang memusuhi umat Islam), karena hak-hak orang kafir selain kafir harbi dihormati layaknya hak-hak seorang muslim.
Takut akan harta haram yang nanti di makan oleh keluarga maka saya mecari di google solusi dari menghindari software bajakan selain membelinya (saya masih mengumpulkan uang untuk beli lisensi asli, Semoga Allah Azza Wa Jalla mudahkan) akhirnya setelah mencari Linux Ubuntu lah solusi sementara untuk saat ini, yaa tentunya saya tidak mengerti apa apa tentang Linux sebelumnya, berbekal ingin penghasilan yang halal saya paksakan untuk meninstall Linux, saya uninstall PC saya yang sebelumnya terisi oleh software bajakan dan segera menggantinya dan voila! semua terasa asing, saya yang tidak punya dasar akademik di bidang komputer tentunya sangat kesulitan, tetapi karena banyak kemudahan di jaman sekarang akhirnya saya mencari artikel dan beberapa forum untuk saya pelajari sedikit teknis dan dasar-dasar pemakaian linux khususnya Distro Ubuntu.

Ingat sekali lagi sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang disebutkan oleh salah seorang sahabat,
إِنَّكَ لَنْ تَدَعَ شَيْئاً لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ بَدَّلَكَ اللَّهُ بِهِ مَا هُوَ خَيْرٌ لَكَ مِنْهُ
“Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik.” HR. Ahmad 5: 363. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Syaikh Salim bin ‘Ied Al Hilali berkata bahwa sanad hadits ini shahih. Adapun tidak disebutnya nama sahabat tetap tidak mencacati hadits tersebut karena seluruh sahabat itu ‘udul yaitu baik.
Sampai saat ini saya masih sangat meraba-raba tentang sistem operasi Linux beserta software-software pengganti untuk saya mendesain dan saya yakin Allah Azza Wa Jalla pasti akan membantu siapa yang ingin kearah yang lebih baik, di samping itu saya juga tetap mengumpulkan uang untuk membeli lisensi asli windows.
Mungkin itu hanya singkat dari cerita saya Hijrah dari Windows ke Linux, jika ikhwani wa akhwati fillah juga ada cerita yang sama dengan saya dan masih ragu untuk pindah ke Linux untuk sementara karena alasan yang sama, coba ingat sekali lagi sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas.

Semoga Allah memberi kita taufik untuk meninggalkan yang haram karena Allah.

Referensi :

Baca juga