-->

11 Hal Utama Yang Harus Dilakukan Setelah Menginstall Ubuntu 18.04.2

akhifaisal.com

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.

Assalamu'alaikum ikhwani wa akhwati fillah, kali ini saya akan membahas yang harus kamu lakukan ketika kamu sudah menginstall Ubuntu 18.04.2.
Beberapa hal yang harus dilakukan setelah menginstal Ubuntu 18.04.2 sangat tergantung pada minat dan kebutuhanmu. Namun, beberapa hal yang bersifat general perlu dilakukan setelah kamu menginstal Ubuntu 18.04.2
Juga, daftar ini berlaku untuk desktop GNOME default. Jika kamu menggunakan beberapa distro lain seperti Kubuntu, Lubuntu, dll maka hal-hal khusus GNOME tidak akan berlaku untuk sistem-mu.

Baik, mari kita mulai dengan apa saja hal-hal yang harus dilakukan setelah menginstal Ubuntu 18.04.2.

1. Aktifkan Firewall
Secara default UFW firewall sudah diinstal tetapi dinonaktifkan. Untuk meningkatkan keamanan desktop kalian, aktifkan UFW firewall dari terminal atau menginstal gufw yang merupakan antar muka pengguna grafis untuk UFW. kenapa firewall harus kamu aktifkan? karena pada awal setelah  kamu melakukan penginstallan kamu pasti akan sebisa mungkin mengakses internet untuk menyempurnakan ubuntumu.
sudo apt-get install gufw
2. Atur Repositori Mirror Tercepat
Ubuntu 18.04 menyertakan berbagai software/aplikasi yang tersedia melalui repositori software yang dapat diakses di seluruh dunia. Setelah menginstal Ubuntu 18.04 kalian juga dapat menginstal berbagai too yang tersedia untuk Ubuntu 18.04.2 melalui Internet. Untuk melakukannya, kamu perlu memilih miror repositori Ubuntu tercepat. Di indonesia saat ini sudah banyak repositori lokal untuk Ubuntu. Tinggal kamu atur saja repositori mana yang terdekat dengan lokasi kalian saat ini.
Untuk mengatur mirror repositori Ubuntu tercepat, navigasikan ke:
Software & Update -- Ubuntu Software -- Download from -- Other -- Select Best Server
Ubuntu akan secara otomatis menguji semua mirror repositori paket yang tersedia dan membiarkan pengguna memilih server dengan respon terbaik atau bisa saja kamu langsung memilih server dari Indonesia.

3. Update System
Hal ketiga yang harus kamu lakukan setelah menginstal Ubuntu. Perbarui sistem. Kayaknya terlihat aneh. Kita baru saja menginstal OS baru, tapi mengapa harus tetap memeriksa pembaruannya?. Kurang lebih mungkin seperti itu pertanyaannya.
Menurut yang saya tahu dari berbagai referensi, jika kamu tidak memperbarui sistem setelah menginstal Ubuntu, akan banyak kemungkinan kamu menghadapi permasalahan ketika mencoba menginstal program baru.

Untuk memperbarui Ubuntu 18.04.2, tekan Super Key (Windows Key) untuk meluncurkan Activity Overview dan mencari Software Updater. Jalankan untuk memeriksa pembaruan.

Sebagai alternatif, Kamu dapat menggunakan perintah terkenal ini di terminal (Gunakan Ctrl + Alt + T):
sudo apt update && sudo apt upgrade
4. Instal Graphics Drivers
Beberapa Driver Grafis yang mungkin ingin kamu instal di Ubuntu 18.04.2 adalah NVIDIA dan AMD GPU. Disini kita akan menggunakan cara instalasi otomatis menggunakan repositori standar Ubuntu.

5. Install Codec Media
Untuk memutar file media seperti MP4, MPEG4, AVI dll, kamu perlu menginstal codec media. Ubuntu menyimpannya di repositori tetapi tidak menginstalnya secara default karena masalah hak cipta di berbagai negara.
Untuk memasang codec media ini, gunakan perintah di bawah ini:
sudo apt install ubuntu-restricted-extras
6. Ubah Tampilan Desktop Dengan Tema Dan Ikon Baru
Ganti tema dan ikon untuk mengubah penampilan sistem-mu. Supaya mudah mengganti theme Ubuntu-mu, gunakan Ubuntu GNOME Tweaks. Kamu dapat menginstal GNOME Tweaks melalui Software Center atau menggunakan perintah di bawah ini untuk menginstalnya:
sudo apt install gnome-tweak-tool
Setelah terinstal, kamu dapat dengan mudah menginstal tema dan ikon baru.

7. Maksimalkan Penggunaan Baterai (Laptop)
Untuk mencegah pemanasan berlebih di laptop. TLP adalah tool yang mengontrol suhu CPU dan memperpanjang masa pakai baterai laptopmu dalam jangka panjang.
Sebelumnya pastikan kamu belum menginstal aplikasi penghemat daya apa pun. Gunakan perintah di bawah ini di terminal:
sudo apt install tlp tlp-rdw
Setelah terinstal, jalankan perintah di bawah ini untuk memulainya:
sudo tlp start
8. Aktifkan Fitur Nightlight
Nightlight adalah fitur yang banyak di rekomendasikan di desktop GNOME. Membuat nyaman mata saat memandang layar komputer di malam hari. Mengurangi cahaya biru membantu mengurangi ketegangan mata di malam hari.
GNOME menyediakan opsi built-in Nightlight, yang dapat kamu aktifkan di System Settings.
Buka System Settings-> Devices-> Displays dan aktifkan opsi Nightlight.
9. Disable Automatic Suspend (Laptop)
Ubuntu 18.04 hadir dengan fitur suspend otomatis baru untuk laptop. Jika sistem berjalan menggunakan baterai dan tidak aktif selama 20 menit, maka akan masuk dalam mode suspend.
Saya paham betul bahwa tujuannya adalah untuk menghemat masa pakai baterai, tetapi ini juga merupakan ketidaknyamanan. Kamu jangan terbiasa mencolokkan daya sepanjang waktu karena tidak baik untuk masa pakai baterai. Dan juga kalian mungkin memerlukan sistem untuk berjalan bahkan ketika tidak menggunakannya.
System Setting -> Power. Di bagian Suspend & Power
10. Instal Software Dari Software Center
Ada beberapa cara untuk menginstal software. Cara yang paling mudah adalah menggunakan Software Center yang memiliki ribuan aplikasi yang tersedia dalam berbagai kategori. Kamu dapat dengan mudah menginstalnya dalam beberapa klik saja.

Terserah kamu aplikasi apa yang ingin diinstal. Saya akan menyarankan beberapa software dasar yang saya pakai di sini.
  • Chromium – Open Source web browser.
  • VLC – Pemutar video.
  • GIMP – Alternatif photoshop untuk Linux.
  • Inkscape - Alternatif Corel Draw atau Adobe Illustrator untuk Linux.
  • Kazam – Screen recorder tool.
  • Gdebi – Penginstal yang ringan untuk paket .deb.
  • Skype – Untuk perpesanan video.
  • Kdenlive – Editor video untuk Linux. 
11. Bereksperimen Dengan Lingkungan Desktop
Ubuntu 18.04.2 hadir dengan desktop GNOME khusus yang memiliki fitur dari GNOME dan Unity. Hal ini bisa membingungkanmu pada awalnya. Cobalah menghabiskan beberapa menit menjelajahi Ubuntu 18.04.2 GNOME agar terbiasa.

Demikianlah hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan setelah instal Ubuntu 18.04.2. Jika menurut kalian daftar ini bermanfaat, tolong bagikan artikel ini dengan orang yang kalian kenal supaya membantu mereka untuk mencintai Linux dan menekan pemakaian software serta OS bajakan, sungguh berbagi adalah amalan yang mulia.

Jazakumullah Khair wa Barakallahu Fikum

Referensi :

Baca juga