3 Alasan Utama Kenapa Kamu Harus Ngeblog

akhifaisal.com


Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.

Assalamu'alaikum ikhwani wa akhwati fillah, kali ini saya akan membahas kenapa saya memilih membuat blog di tahun 2019 ini, sedangkan tren platform Youtube lebih populer di banding blog. Tentunya sekarang ini tak sedikit orang berbondong-bondong mencoba platform Youtube didasari karena penghasilan monetasi Youtube yang cukup menggiurkan, dan sungguh tidak salah jika orang-orang banyak memilih platform Youtube di karenakan alasan itu.
Kenapa gw harus ngeblog? Emang ada untungnya? Buang-buang waktu aja.
Kalimat itu benar-benar selalu menjadi pertanyaan setiap orang. Entah karena mereka tidak suka menulis atau emang murni mereka hanya menginginkan keuntungan riil nya saja.

Tentu mereka bebas berpendapat, tetapi ada paradigma lucu tentang bagaimana orang-orang memandang seorang blogger. Orang-orang mengira blogger itu hanya sekedar hobi dan tidak ada gunanya dalam konteks “tidak ada keuntungan yang bisa didapat dengan menjadi seorang blogger”. Tetapi satu hal yang pasti selama saya menjadi blogger adalah “jelas tidak ada ruginya ngeblog”.

Tentunya ada banyak hal berguna yang bisa didapat melalui blog yang mungkin saja belum diketahui oleh mereka yang masih awam mendengarnya atau yang memang kurang begitu perduli atau bahkan sama sekali tidak menganggap hal semacam ini penting. Kenapa saya harus membuat blog?, Apa saja manfaatnya kalau mulai ngeblog?

Beranjak dari seorang Grafis Desainer saya membuat blog karena ingin berbagi. ingin berbagi hal-hal yang saya suka seperti desain grafis dan teknologi, hal yang saya pikirkan dituangkan dalam blog, dan aktifitas blogging adalah salah satu aktifitas yang menyenangkan. 

Adapun untuk kamu yang ingin memulai Blogging, ini dia manfaat yang akan kamu dapatkan setalah kamu terjun ke dunia blog:

1. Banyak Mempelajari Hal Baru

Ketika saya pertama kali memutuskan untuk membuat blog, saya sangat tidak bisa dalam menyusun kata-kata, apalagi teknik penulisan yang sistematis tentu saja tidak saya perhatikan. Tapi semakin banyak artikel yang saya tulis hal itu lama-lama dapat saya atasi dengan mepelajari teknik penulisan yang benar, tidak hanya itu kamu juga nanti akan mempelajari teknik SEO (yang saya juga belum menguasainya) SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha-usaha mengoptimasi website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian.
Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan website-website berdasarkan ranking. Dengan mempraktekkan SEO, berarti kita menyesuaikan website kita agar bersahabat dengan algoritma tersebut. Tak hanya SEO kamu pun akan mempelajari hosting, domain, monetize, e-commerce, menulis, psikologi, fakta informatif, motivasi, marketing, sales, dan lain-lain.

Banyak sekali yang sudah saya pelajari, semua itu terus menambah ilmu/skill yang saya miliki dan saya aplikasikan kedalam blog-blog yang saya miliki. Setiap kali saya menulis artikel, saya belajar hal-hal baru, mengetahui fakta-fakta baru, mempelajari ilmu-ilmu baru dan itu semua terus bertumbuh setiap harinya.

Bahkan terkadang saya terinspirasi oleh tulisan saya sendiri, termotivasi oleh kata-kata saya sendiri dan terus kembali menulis untuk mempelajari hal-hal baru. Bagi saya ini semua adalah proses bejar yang tidak akan kamu dapat di sekolah.

2. Menjadi Sumber Penghasilan

Blog juga dapat menjadi sumber penghasilanmu, tapi semua harus dilakukan dengan sabar sama hal nya dengan platform lain, Youtube pun akan membolehkan kamu memonetasi kontenmu ketika sudah 4000 jam tayang dan memiliki 1000 Subscriber, sungguh perjuangan yang panjang. Bgitu pula Blog kamu harus dengan sabar menulis, dan terus memperbaiki kualitas artikel dan blogmu agar dapat mendapat perhatian para netizen jelas artikel yang bermanfaat dan tidak plagiat adalah artikel yang utama. 
Setelah itu mungkin blog kamu dapat kamu daftar kan untuk masuk program monetasi google yaitu google Adsense. walaupun ini bukan lah satu-satunya cara dalam kamu menghasilkan uang melalui blog, adapan kamu dapat menyediakan space kosong untuk beriklan, dan menjadi penyedia iklan secara personal dan banyak lagi cara lain dan menghasilkan pundi-pundi uang dalam Blogging dengan memnjadi penulis, penulis buku, pembicara seminar dan lain-lain.

Artinya aktifitas blogging ini tidak cocok jika kamu tidak sabaran ingin cepat-cepat menghasilkan uang. Kamu harus konsisten menulis selama 6-12 bulan tanpa dibayar sama sekali (setelah itupun tidak ada jaminan kamu akan mendapatkan profit). Dan juga tidak ada kepastian apakah blog ini akan menjamin hidup kamu pada nantinya.

Untungnya adalah blogging tidak memerlukan modal yang besar (cukup beli domain dan hosting dan menulis), apakah rugi jika pada akhirnya blog mu tidak menghasilkan uang sama sekali? Saya rasa tidak. Positifnya adalah blog kamu dapat menjadi portofolio online yang dapat membantu dalam memperkuat kredibilitasmu dalam dunia kerja.

Selama kamu bisa terus belajar dalam kegiatan blogging ini, maka teruslah menulis

3. Meningkatkan "Value" Kamu

Aktivitas Blogging dpat memaksimalkan waktu luangmu. Dari Pada waktu luang kamu terbuang sia-sia untuk bengong/galau, lebih baik digunakan untuk menulis dan berbagi (apapun itu), selain bisa menghilangkan rasa jenuh, blog juga bisa memanfaatkan semua waktu luangmu karena kamu bisa ngeblog kapanpun & dimanapun yang kamu suka.
Dengan kamu mengisi waktu luangmu dengan hal yang bermanfaat kamu jadi terjauh dari hal-hal negatif, terus tumbuhkan sifat berbagi dan membuat orang senag karena terbantu, yang kita lakukan sekarang adalah berbagi ilmu dan kemampuan kita yang kita punya untuk membantu sesama, sungguh berbagi adalah amalan yang mulia.
disebutkan dalam hadits Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
وَاللَّهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِى عَوْنِ أَخِيهِ
“Allah senantiasa menolong hamba selama ia menolong saudaranya.” (HR. Muslim no. 2699).
Dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
وَمَنْ كَانَ فِى حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِى حَاجَتِهِ
“Siapa yang biasa membantu hajat saudaranya, maka Allah akan senantiasa menolongnya dalam hajatnya.” (HR. Bukhari no. 6951 dan Muslim no. 2580).
Demikianlah pembahasan kali ini. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, tolong bagikan artikel ini dengan orang yang kalian kenal, sungguh berbagi adalah amalan yang mulia.

Jazakumullah Khair wa Barakallahu Fikum

Referensi:

Baca juga