Cara Mendapatkan Uang dari Desain Grafis Freelance

akhifaisal.com


Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.

Assalamu'alaikum ikhwani wa akhwati fillah, di era digital saat ini, peran desain grafis sangatlah penting. Hampir semua lini industri membutuhkan jasa desainer grafis, tentunya bisa berwujud agency atau perorangan atau freelancer. Saya sendiri ada dalah desainer grafis yang bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa periklanan dan bergerak khusus untuk bekerjasama dengan pemerintahan.


Dengan desain grafis atau secara luasnya desain komunikasi visual kita dapat membuat citra, mempersuasi, membuat dan memperkuat personality dari sebuah produk , jasa atau pribadi dengan logo, symbol, warna, audio, visual, iklan/video dengan bermacam-macam medium/placement.
Karena industri ini terus berkembang dan bergerak dinamis maka kemampuan dan kreativitas para pekerja di dunia kreatif dituntut untuk terus meningkat dan memberikan warna baru dalam industri ini bukan hanya berfikir "outside the box" tapi "forget the box" kita di tuntut berfikir liar untuk mendapatkan output yang di harapkan.

Bagi seorang desainer grafis kita di permudah untuk tidak selalu bekerja pada sebuah agensi maupun instansi. Kamu bisa dengan mudah belajar, mengumpulkan bahan portofolio sekaligus menghasilkan uang dengan menjadi freelancer dengan kemudahan situs situs-situs grafis gratis saat ini dapat kamu dapat jadikan desain dari situs tersebut sebagai referensi ataupun kamu modifikasi sesuai yang kamu butuhkan.

Nah untuk kamu yang mahasiswa, yang tertarik di bidang desain grafis atau pun periklanan apapun di bidang ilmu kreatif, kamu dapat mengisi waktu luang mu menjadi lebih bermanfaat dengan mengambil sayembara desain contohnya di sribu.com sebenarnya masih ada situs lain seperti fiverr dan sribulancer tapi situs sribu.com cocok bagi kita para pemula untuk mulai terjun ke dunia freelance.

situs yang menghubungkan para pengguna jasa desain dengan komunitas desainer. Melalui situs ini, kamu tinggal menyebutkan kebutuhan desain seperti apa yang diinginkan dan memilih paket sesuai budget. Setelah itu, pihak Sribu akan melempar kontes ke komunitas. Tak tanggung-tanggung, ada 132.300+ desainer yang siap unjuk kreativitas, Dari kontes inilah kamu akan memperoleh puluhan hingga ratusan desain yang bisa dipilih.

Sistem yang digunakan oleh Sribu ini dikenal dengan istilah crowdsourcing. Ini pas sekali dengan bisnis waralaba, sebab pemilik waralaba manapun pasti paham dahsyatnya kekuatan jaringan dan komunitas. Dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki sebuah jaringan, modal terbatas bisa membuahkan hasil yang berlipat-lipat. Hal ini berlaku pula untuk kebutuhan desain di dunia usaha.
Banyak perusahaan besar nasional telah menggunakan jasa Sribu, sebut saja Wika, Jasa Marga, Mayora, Gramedia, Merpati, Honda Motor, Intiland, Pupuk Kujang, Tokobagus, Metland, Indonesia Power, hingga Badan Intelijen Negara RI. Di sektor franchise, ada Bayu Buana Travel, Rice Bowl dan Mister Baso. Mister Baso mempercayakan Sribu untuk merancang logo barunya, dengan hasil yang memang lebih memikat dibanding logo yang digunakan selama ini.

Tak hanya di Indonesia, banyak pula pesanan yang datang dari luar negeri seperti Australia, Singapura, Thailand, Cina, Mesir, Amerika Serikat dan Amerika Latin. Situs Sribu memang memiliki fitur multibahasa, selain juga menawarkan berbagai mekanisme pembayaran seperti transfer rekening, kartu kredit dan PayPal.

Dengan sistem crowdsourcing ini kamu pun dapat mengasah kemampuan desain mu secara cepat karena membiasakan diri dalam sebuah persaingan dan kompetisi untuk mendapatkan hati klien, tentu saja dengan skill dan karya yang kamu punya.

Mungkin untuk awalan kamu sebelum membuat akun sribu.com kamu akan diminta untuk mendesainkan logo seperti brief yang di berikan sribu.com sebagai ujian masuk. Jika cocok maka kamu akan mempunyai aku sribu.com dan bisa mulai berburu sayembara desain, tentu baiknya di mulai dari budget dan tingkat kesulitan yang rendah dulu jika kamu memang pemula.

Jangan patah semangat jika desain mu tidak terpilih, terus berdoa dan fokuslah memperkaya diri dengan kreativitas, referensi dan bahan portofolio sehingga kemampuan mu dapat meningkat pesat dan cukup berpengalaman dalam bidang yang kamu tekuni.

Demikianlah pembahasan kali ini. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, tolong bagikan artikel ini dengan orang yang kalian kenal, sungguh berbagi adalah amalan yang mulia.

Jazakumullah Khair wa Barakallahu Fikum

Referensi :

Baca juga