Mengenal Admob dan Adsense

akhifaisal.com

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.

Assalamu'alaikum ikhwani wa akhwati fillah, bagaimana jika kamu mendapat penghasilan dari google tanpa bekerja di kantornya? ya, sekarang di era globalisasi yang sangat kental dengan perkembangan teknologi sudah tidak mungkin kita mendapatkan uang dengan hanya bekerja dirumah, seperti dalam artikel sebelumnya kita dapat menghasilkan uang dari kemitraan bersama google melalui platform-platformnya, contohnya aplikasi android, monetasi blog, dan monetasi youtube.

tapi seperti apa cara dan sistem bermitra yang dimaksud? yaitu dengan cara kamu secara sukarela memonetasi akun youtube blog dan aplikasi android untuk dijadikan sebagai media untuk pihak google memasangkan iklan di akun kita, tentunya kamu akan mendapatkan penghasilan dari kemitraan itu.

kemitraan itu di mediasikan dengan sebuah jaringan iklan google yaitu google adsense dan google admob.

Jaringan iklan AdMob dan AdSense

AdSense adalah jaringan iklan milik Google yang menampilkan iklan berdasarkan kecocokan isi website. Karena berbasis teks, AdSense ini lebih cocok untuk kamu yang mengembangkan aplikasi web. Untuk diterima menjadi publisher iklan AdSense, Anda diwajibkan mempunyai website.

AdMob adalah jaringan iklan milik Google yang ditujukan untuk pengembang aplikasi mobile yang ingin meraih keuntungan dari perangkat mobile. Berbeda dengan AdSense, AdMob tidak menggunakan konten sebagai penentu iklan yang muncul. Oleh karena itu, AdMob lebih cocok untuk pengembang aplikasi yang tidak berbasis teks.

Istilah-istilah dalam iklan online

Jenis iklan online

Bayar tiap klik (Pay per Click atau PPC). Anda dibayar tiap kali iklan yang Anda tampilkan diklik (pay per click). Jumlah uang yang Anda terima tiap klik bergantung pada jaringan iklan yang Anda ikuti, umumnya sekitar US$ 0,05 tiap klik).

Bayar tiap Impresi (Pay per Impression). Anda dibayar tiap kali Anda menampilkan iklan dalam jumlah tertentu, biasanya dinyatakan dalam 1000 impresi (Mille). Contoh, Anda hanya akan dibayar US$1 bila Anda sukses menampilkan 1000 kali iklan yang sama meskipun tidak diklik.

Bayar tiap akuisisi (Pay per Acquisition). Anda hanya dibayar jika user yang mengklik iklan Anda menyelesaikan suatu transaksi. Transaksi yang dimaksud dapat berarti membeli produk atau pendaftaran. Sebagai contoh, Anda menampilkan iklan suatu produk, Anda hanya akan dibayar jika user yang mengklik iklan membeli produk tersebut dan membayarnya. Jumlah yang Anda terima per akuisisi biasanya jauh lebih besar dibandingkan per klik atau per impresi, hanya saja seringkali tidak mudah.

Ukuran performa iklan online

Permintaan iklan (Ad Request). Permintaan iklan adalah permintaan untuk memperoleh iklan yang dikirim oleh klien ke server pengelola iklan.

Impresi (Impression). Impresi adalah iklan yang sukses dilayani oleh server pengelola iklan dan diterima oleh klien untuk ditampilkan. Jumlah impresi maksimal adalah sebanyak jumlah permintaan iklan, tetapi biasanya lebih kecil karena beberapa faktor, seperti ketiadaan iklan yang sesuai, koneksi jaringan atau kendala terkait hukum.

Fill rate. Istilah Fill Rate mengacu pada rasio antara jumlah impresi terhadap jumlah permintaan iklan dan dinyatakan dalam persen. Semakin mendekati 100% berarti semakin bagus.

Biaya per klik (Cost per click atau CPC). Ukuran ini menyatakan jumlah uang yang akan Anda terima tiap kali iklan diklik).

Biaya per impresi (Cost per impression atau CPI). Ukuran ini menyatakan jumlah uang yang akan Anda terima tiap kali iklan ditampilkan. Ukuran lain yang lebih sering digunakan adalah biaya per seribu impresi (cost per mille atau CPM) Jika Anda pemilik iklan, angkaUS$20 CPM berarti Anda harus membayar US$20 agar iklan Anda tampil 1000 kali

Click Through Rate (CTR). Ukuran ini menyatakan tingkat kesuksesan iklan Anda dan besarnya ditentukan sebagai rasio antara jumlah klik dibagi jumlah impresi dan dinyatakan dalam persen. Jika iklan ditampilkan 100 kali, lalu iklan tersebut diklik sekali, CTR iklan tersebut adalah 1%.

Biaya per Seribu Impresi Efektif (effective CPM atau eCPM). Ukuran eCPM dihitung sebagai biaya relatif yang dikeluarkan per 1000 impresi. Angka eCPM ini biasanya digunakan untuk menghitung efektivitas suatu kampanye iklan di berbagai media iklan. Contoh, bila CPC adalah sebesar US$1, iklan di media A ditampilkan 2000 kali dan 10 di antaranya diklik. Dimedia A, eCPM sebesar (US$1 x 10/2000 x 1000) = US$5. Sedangkan di media B, iklan di tampilkan 2000 kali dan 50 diantaranya diklik. Di media B eCPM =US$1 x 50/2000 x 1000)=US$ 25.

nah, semoga pengetahuan kalian bertambah setelah membaca artikel ini dan mulai berbisnis sendiri dengan kreatif bersama bermitra dengan google.
Demikianlah pembahasan kali ini. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, tolong bagikan artikel ini dengan orang yang kalian kenal, sungguh berbagi adalah amalan yang mulia.

Jazakumullah Khair wa Barakallahu Fikum

Referensi:

Baca juga