-->

Pengenalan Adobe Photoshop Untuk Pemula

akhifaisal.com

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.

Assalamu'alaikum ikhwani wa akhwati fillah, kali ini saya akan membahas pengenalan Adobe Phostoshop untuk pemula, mulai dari format vector dan pixel sampai pengenalan tools, mari kita simak.

Apa Itu Adobe Photoshop?

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan Designer bahkan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto

Pengertian Desain Berbasis Vector Dan Pixel

Secara umum komputer grafis tersusun atas dua komponen yaitu Bitmap dan Vektor. Bitmap image secara teknis dinamakan raster image menggunakan grid of color yang dikenal dengan pixel. Banyak di antara para desainer pemula bertanya mengenai perbedaan yang mendasar antara pixel dan vektor.

Sebagai contoh sebuah lingkaran berwarna biru, dalam aplikasi pengolah garis (vektor) menyimpan informasi pembentuk objek tersebut dalam sebuah warna yang solid.
Sehingga ketika objek tersebut tampilannya diperbesar secara maksimal (sebesar-besarnya) maka akan tetap solid.
Sedangkan jika objek tersebut diolah dengan aplikasi pengolah gambar (pixel) apabila tampilan diperbesar secara maksimal maka akan nampak sebagai titik-titik kecil dengan
kerapatan tertentu, perbedaan warna sangat jelas dengan ruang kosong, dan warnanya pun akan terurai.

Membuat dokumen baru di photoshop


masuk ke menu file, lalu klik new. Setelah itu, akan muncul sebuah jendela baru seperti gambar dibawah untuk pengaturan awal kanvas yang dibuat.

Apa saja Photoshop tools?

Toolbox 


Salah satu kunci untuk mahir menggunakan photoshop adalah mengetahui fungsi-fungsi yang ada dalam photoshop diantaranya adalah tool box atau tool panel. Toolbox adalah sekumpulan alat yang sering digunakan dalam proses editing gambar yang biasanya terletak di samping kiri pada area kerja photoshop. 

Move Tool


Fungsinya untuk memindah objek baik itu berupa teks maupun gambar. Cara menggunakannya, aktifkan move tool lalu pilih objek yang akan dipindahkan dan seret ke tempat yang diinginkan.

Marquee Tool


Tools ini berguna untuk membuat seleksi, terdiri dari 4 macam, yaitu rectangular marquee tool digunakan untuk membuat area seleksi berupa segi empat dengan sudut 90 derajat, elliptical marquee tool untuk membuat area seleksi berbentuk lingkaran, single row marquee tool untuk membuat area seleksi berbentuk garis horizontal, dan single coloumn marquee tool membuat area seleksi berbentuk garis vertikal.

Lasso Tool


Ada 3 pilihan dalam grup lasso tool ini, yaitu:
  • Lasso tool: digunakan untuk membuat area seleksi secara bebas sesuai dengan gerakan mouse. 
  • Polygonal Lasso Tool: digunakan untuk membuat area seleksi berbentuk persegi/garis lurus. 
  • Magnetic Lasso Tool: digunakan untuk membuat area seleksi namun akan secara otomatis dilelengketkan pada batas objek berdasarkan perbedaan warnanya. 
Quick Selection & Magic Wand Tool 


  • Quick selection tool berfungsi untuk membuat seleksi dengan cepat.
  • Magic wand tool berfungsi untuk membuat seleksi pada daerah yang memiliki kesamaan warna namun dapat diatur toleransinya pada options bar.
Croping dan Slice Tool

  • Croping tool digunakan untuk memotong area tertentu dari gambar. Ada dua jenis cropping tool yang bisa digunakan yaitu crop tool dan perspektif crop tool. Crop tool untuk memotong secara persegi dan sejajar, sedangkan perspektif crop tool bisa disesuaikan sudutnya, tidak mesti 90 derajat.
  • Slice tool berfungsi untuk memotong gambar menjadi bagian-bagian kecil untuk disimpan sekaligus sesuai bagian yang akan dibuat. Slice tool ini memudahkan saat ingin memotong bagian-bagian tertentu pada gambar secara bersamaan. Slice tool terdiri dari dua jenis, yaitu slice tool dan slice select tool. Slice tool berfungsi untuk membuat potongan-potongan gambar sedangkan slice select tool berfungsi untuk memilih potongan gambar jika kita masih ingin menggesernya.
Eyedropper Tool 

  • Eye dropper tool berguna untuk mengambil sampel warna pada gambar dan menyimpannya di box warna. Kita tinggal mengaktifkan eyedropper lalu klik sampel warna yang akan kita ambil, maka secara otomatis warna akan tersimpan di color box dan siap digunakan. 
  • Ruler tool berguna untuk mengukur objek pada gambar dan menginformasikan berapa jarak/panjang, sudut kemuringannya, posisinya dalam koordinat, dsb. 
  • Note tool digunakan untuk membuat catatan pada gambar.
Brush and Patch Tool 

  • Spot Healing Brush tool, berfungsi untuk menghilangkan bagian tertentu dari gambar dengan cara menyesuaikan warnanya dengan sekitarnya. Cara ini cocok digunakan untuk menghilangkan cacat dari gambar seperti jerawat atau goresan. 
  • Healing brush tool, berfungsi untuk mencloning/menduplikat bagian tertentu sesuai gerakan muse.
  • Patch tool, berfungsi untuk menggantikan bagian yang diseleksi dengan bagian lain pada gambar yang kita pilih dengan bentuk yang sama persis. Caranya, aktifkan terlebih dahulu patch tool, lalu seleksi objek yang akan diganti, kemudian seret area yang terseleksi ke area dimana area yang akan menggantikannya. 
  • Content aware move tool merupakan fasilitas baru di Photoshop CS6 yang berfungsi untuk memindahkan objek ke bagian lain dan secara otomatis menyesuaikan daerah tersebut dengan objek disekitarnya. 
  • Red eye tool digunakan untuk menghapus warna merah pada mata akibat refleksi cahaya. 
Brush & Pencil Tool

  • Brush tool berfungsi untuk membuat sapuan seperti kuas pada gambar. Ada kurang lebih 12 tipe brush pada Photoshop dan masing-masing tipe masih memiliki berbagai jenis yang berbeda baik deri segi bentuk maupun ukurannya. 
  • Pencil tool berfungsi untuk membuat goresan secara bebas seperti sebuah pensil. Pencil tool ini juga memiliki banyak bentuk dan ukuran.
  • Color replacement tool berfungsi untuk mengecat gambar dengan dengan pola warna tertentu.
  • Mixer brush toll digunakan untuk membuat sapuan pada gambar yang mengikuti warna gambar dan pola goresan kuas jadi seakan-akan kita sedang menggoreskan kuas pada lukisan yang masih basah.
History Brush Tool

  • History brush tool ini digunakan untuk mengembalikan gambar yang sudah di brush ke kondisi awalnya. Fungsinya hampir sama dengan tool untuk menghapus, tapi bukan dihapus menjadi warna background melainkan ke gambar aslinya sebelum di brush.
  • Art history brush fungsinya hampir sama dengan history brush tool namun dengan gaya artistik tertentu.
Stamp Tool

  • Clone stamp tool berfungsi untuk melukis sesuai target/objek yang kita tentukan, fungsinya hampir sama dengan healing brush tool namun jika menggunakan stamp, hasil lukisan akan sama persis dengan objek yang ditarget tanpa ada penyesuaian dengan warna disekitarnya. 
  • Pattern stamp tool digunakan untuk melukis dengan pola-pola tertentu.
Gradient & Paint Bucket Tool

  • Gradient Tool digunakan untuk memberikan warna pada gambar dengan pola gradasi tipe linier, reflected, angle, atau diamond.
  • Paint bucket tool befungsi untuk mengisi/mengganti warna objek dengan warna foreground yang sudah ditentukan. 
Eraser Tool

  • Eraser tool berfungsi untuk menghapus objek/gambar dan mengembalikannya ke keadaan semula (background).
  • Background eraser tool berfungsi untuk menghapus objek/gambar menjadi transparan.
  • Magic eraser tool berfungsi untuk menghapus objek terntentu yang memiliki warna sama menjadi transparan dengan sekali klik.
Blur, Sharpen & Smudge Tool

  • Blur tool digunakan untuk menghaluskan bagian tertentu pada sebuah gambar misalnya bagian tepi gambar atau bagian lain seperti wajah. Tools ini juga biasa gunakan untuk memperkecil/memperhalus bagian pixel yang agak besar.
  • Sharpen tool berfungsi untuk mempertajam bagian tertentu pasa gambar.
  • Smudge tool berfungsi untuk memberikan efek sentuhan jari pada cat yang masih basah.
Dodge, Burn & Sponge Tool

  • Dodge tool befungsi untuk memberikan efek terang pada sebuah objek/gambar tertentu. 
  • Burn tool berfungsi untuk memberikan efek gelap pada sebuah objek/gambar tertentu. 
  • Sponge tool berfungsi untuk meningkatkan saturation pada objek objek/gambar tertentu.
Type / Text Tool

  • Type tool atau text tool ini berguna untuk membuat/memasukkan text atau tulisan ke dalam gambar. 
  • Ada dua tipe yang dapat kita gunakan yaitu Horizontal type tool untuk menulis secara horizontal/mendatar atau Vertical type tool untuk menulis secara vertikal/tegak.
  • Sedangkan Type Mask tool adalah untuk membuat seleksi berbentuk tulisan yang juga terdiri atas dua yaitu horizontal dan vertikal.
Pen & Point Tool


Pen Tool berfungsi untuk membuat patch (titik-titik yang nantinya akan membentuk gambar dan  masih bisa dimodifikasi) sebagai alat gambar atau seleksi. 
Jika ingin membuat objek menggunakan Pen Tool kita memulai dengan menentukan titik-titiknya terlebih dahulu, makan dengan Freeform Pen Tool kita bisa menggambar secara bebas seperti menggambar menggunakan pensil. Setelah selesai baru kita munculkan pathnya untuk dimodifikasi.
Add Anchor Point Tool digunakan jika kita masih ingin menambahkan titik pada objek yang kita buat. Sedangkan Delete Anchor Point Tool berfungsi untuk menghapus titik pada objek.
Sedangkan Convert Point Tool untuk menyeleksi objek yang kita buat misalnya kita ingin memindahkannya.

Shape Tool


Shape tool ini digunakan untuk menggambar/menambahkan bentuk-bentuk tertentu seperti segi empat (rectangle), segi empat dengan sudut tumpul (rounded rectangle), lingkaran (ellips), segi enam (polygon), garis (line), atau bentuk bebas (custom).

Path & Direct Selection Tool


Tool ini digunakan untuk memilih dan mengedit path yang dinginkan.

Zoom Tool


Digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan gambar. 

Hand & Rotate Tool

  • Hand tool berguna untuk memindahkan /menggeser posisi gambar dalam kanvas.
  • Rotate tool digunakan untuk memutar jendela gambar secara keseluruhan.
Foreground & Background Tool


Ini untuk menentukan warna depan (foreground) dan warna latar belakang (background). Fungsi dari anak panah di bagian atasnya untuk menukarkan warna pada background dan foreground. Sedangkan kotak digabian bawahnya untuk mengembalikan warna ke set awal yaitu hitam dan putih.

Screen Mode


Tombol ini untuk merubah tampilan jendela dari tampilan standar, full screen dengan menu, atau full screen.

Quick Mask Mode


Ini adalah tombol untuk menentukan mode untuk mengedit, ada dua mode yaitu Standard mode dan Quick mask mode.

Apakah layer itu?
Layer  merupakan lapisan-lapisan yang membentuk suatu gambar pada saat proses editing di Photoshop. Lapisan-lapisan ini dapat berupa gambar, teks/tulisan, maupun objek lain yang dibuat bertumpuk satu sama lain. 

Apakah fungsi dari layer?
Dengan adanya layer, maka sebuah gambar dalam Photoshop bisa berupa gabungan dari beberapa elemen yang berdiri sendiri. Setiap komponen ini dapat kita modifikasi baik ukuran, warna, maupun urutannya dalam sebuah gambar tanpa mempengaruhi elemen yang lainnya. Selain itu, layer ini juga dapat kira berikan efek seperti bayangan dan sebagainya sehingga terlihat menarik dan berpadu dengan komponen lainnya.

Komponen Layer

Saat membuat dokumen baru ataupun membuka suatu gambar, maka secara otomatis ia akan menjadi sebuah background layer (layer latar belakang). Jendela layer ini secara default terdapat di bagian kanan bawah pada erea kerja Photoshop.

Demikianlah hal-hal apa saja yang perlu ketahui dalam pengenalan Adobe Photoshop untuk pemula. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, tolong bagikan artikel ini dengan orang yang kalian kenal supaya membantu mereka mengenal Adobe Photosop dan ingat untuk membeli lisensi asli dan tinggalkan software bajakan, sungguh berbagi adalah amalan yang mulia.

Jazakumullah Khair wa Barakallahu Fikum

Referensi :

Baca juga