Stop Windows Bajakan

akhifaisal.com

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.

Assalamu'alaikum ikhwani wa akhwati fillah, Apakah kamu menggunakan sitem operasi Windows di dalam PC mu? dan apakah kamu sudah menggunakan Windows berlisensi atau original? atau kamu menggunakan Windows bajakan? Alasan utama kenapa orang-orang banyak yang menggunakan Windows bajakan karena harga Windows original terbilang cukup mahal, dalam situs resminya Windows 10 versi Home dijual dengan harga sekitar Rp 2.2 Juta, dan Windows 10 Professional akan dibanderol Rp. 3.7 Juta. Selain harganya yang mahal, penggunaan Windows bajakan didukung dengan banyaknya penyebaran link download Windows bajakan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Terakhir, tentunya karena kamu sudah terbiasa menggunakan Windows beserta software-software yang biasanya kamu gunakan di sistem operasi ini. Itu adalah beberapa alasan mengapa ada yang memakai Windows bajakan, apakah kamu termasuk yang menggunakan Windows bajakan?

Ketika kamu menggunakan Windows bajakan kamu seperti bermain petak umpet dengan Microsoft. Jika Microsoft menemukan kamu menggunakan Windows bajakan, ia akan terus meneror kamu dengan pesan-pesan yang menyuruh kamu untuk menggunakan Windows original.


Apakah Microsoft Bisa Mengetahui Windows Kita Ber-lisensi atau Tidak?

Ketika kamu menginstall Windows, kamu harus mengaktifkannya dengan memasukan lisensi, proses ini dikenal dengan Windows Activation. Proses ini menghubungkan Windows dengan Microsoft, mereka memeriksa salinan Windows itu menggunakan lisensi yang benar. Memastikan lisensi Windows hanya digunakan pada satu PC dan tidak digunakan pada PC lainnya.

Windows juga secara teratur memeriksa untuk memastikan bahwa lisensi yang kamu gunakan belum dilaporkan sebagai bajakan. Proses ini biasa terjadi ketika PC kamu mendownload update dari Microsoft yang biasanya dikenal dengan Windows Update.

Jika server Microsoft memberitahu Windows bahwa komputer menggunakan lisensi bajakan atau tidak menggunakan lisensi yang benar, Windows akan menampilkan pesan yang mengatakan Microsoft Windows “is not genuine” atau tidak asli.

Tapi para pembajak biasanya mengakali lisensi ini dengan License Activator Engine, untuk mengaktivasi sementara atau ada pula yang selamanya, sebenarnya trik ini bisa terdeteksi oleh Microsoft jika PC kita terkoneksi dengan internet, maka dari itu biasanya instalasi Windows bajakan beserta Aktivasinya dilakukan tanpa koneksi internet agar tidak terdeksi.

Jika kamu membeli PC yang bundle dengan Windows, itu berarti komputer sudah diinstall dengan Windows pre-activated yang berlisensi. Kamu tidak perlu kawatir tentang itu, karena pasti aman. Tetapi ketika PC itu mengeluarkan pesan bahwa Windows is not genuine, bisa dibilang toko tersebut menipu kamu dengan menginstall Windows bajakan untuk menghemat uang tetapi kamu ditarik biaya untuk Windows original.

Apa yang Terjadi Jika Kamu Menggunakan Windows Bajakan?

Jika kamu menggunakan Windows bajakan dan terdeteksi oleh Microsoft, maka secara berulang Windows akan mengeluarkan pesan bahwa kamu harus membeli Windows original. Semua versi Windows memberikan efek seperti ini, tapi ada juga efek lain yang berbeda disetiap versi Windows-nya.

Windows XP dan Windows Vista akan membatasi kamu jika kamu ketahuan menggunakan Windows bajakan. Windows XP memiliki proses Windows Genuine Advantage saat melakukan Windows Update, hal ini menyebabkan user terkunci dan tidak bisa menggunakan komputer miliknya. Windows Vista lebih melunak dengan adanya fitur “reduced-functionality mode”, user bisa login seperti biasa tapi hanya satu jam saja. Sebelum adanya Service Pack 1, reduced-functionality mode Windows Vista hanya membiarkan kamu untuk menggunakan Internet Explorer selama satu jam.

Windows 7 semakin melunak lagi dari versi Windows sebelumnya, dan semakin melunak di Windows 8 dan Windows 8.1. Bila kamu menggunakan Windows bajakan, kamu akan mendapatkan pesan Windows not is not genuine setiap satu jam sekali. Wallpaper desktop kamu akan berubah menjadi hitam dan dibagian pojok kanan bawah akan muncul text This copy Windows is not genuine. Meskipun kamu mengganti wallpaper, mereka akan kembali seperti semula. Selain itu kamu juga tidak akan mendapatkan Windows Update dari Microsoft.
Sedangkan Windows 8 beberapa pengaturan seperti personalization akan dikunci, kamu tidak bisa mengganti apa pun yang berada di bawah pengaturan personalization seperti background Start Screen. Tentu ini sangat mengganggu kamu, tapi kinerja komputer dan Windows bisa berjalan seperti biasa. Kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang sudah kamu install sebelumnya.

Hal lain yang akan terjadi :
  1. Minim Keamanan
  2. Pelanggaran Hukum
  3. Tidak Ada Jaminan Privasi
  4. Bisa Terkena Razia Perangkat Ilegal
  5. Kinerja Komputer yang Kacau
hal-hal tersebut nantinya akan menghampiri kamu juka kamu tetap menggunakan Windows bajakan.

Bagaimana Menghilangkan Status Windows Is Not Genuine?

Pasti bagi kamu Ikwani wa Ikhwati fillah yang sudah terdeteksi memakai Windows Bajakan kamu ingin menghilangkan status Windows Is Not Genuine? Mungkin pesan di versi Windows terbaru tidak menyediakan link untuk membeli Windows Original. Mau tidak mau, kamu harus membeli Windows original di toko terdekat dan menginstallnya ke komputer kamu. Jika kamu memiliki lisensi Windows, kamu bisa mengganti lisensi Windows dengan lisensi tersebut, atau mengganti sistem operasimu sekalian dengan platform yang gratis seperti linux seperti saya.

Baca Juga : https://www.akhifaisal.com/2019/01/hijrah-ke-linux.html

Eit, ingat, sebisa mungkin kamu jangan menggunakan License Activator untuk meng-Hacking lisensi windows kamu, karena berarti kamu secara tidak langsung mendukung pembajakan yang ga akan pernah selesai, pun tetap kamu menggunakan License Activator pada akhirnya kamu juga akan ketahuan juga, yang terutama kamu berdosa.

Inilah kenapa Microsoft merilis Windows 10, mereka ingin semua orang yang menggunakan Windows bajakan dan ingin menggunakan Windows original dapat membelinya dengan mudah. Proses yang disediakan Microsoft ini bisa dilakukan di Windows Store. Kamu bisa membeli lisensi Windows di Windows Store dengan mudah dan hanya beberapa menit saja.
Memang ada banyak trik untuk bisa mengakali Windows bajakan agar tidak ditemukan Microsoft. Tapi Microsoft masih berjuang untuk melawan trik-trik itu dan terus merilis versi Windows terbaru.


Baiknya kita sebagai remaja muslim harus jujur dan berusaha menghilangkan sifat-sifat kecurangan dalam diri kita, menggunakan Windows asli adalah salah satu caranya, apalagi jika mencari nafkah dari komputer kita, jangan sampai harta yang didapat terkotori dengan kita memakai windows bajakan. Karena membajak adalah mencuri begitupula jika kita memakainya. Maka kita harus sekuat tenaga berusaha dan berdoa agar di permudah mendapatkan barang yang asli agar terjaga ke-halalannya.


Ingat sekali lagi sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang disebutkan oleh salah seorang sahabat,

إِنَّكَ لَنْ تَدَعَ شَيْئاً لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ بَدَّلَكَ اللَّهُ بِهِ مَا هُوَ خَيْرٌ لَكَ مِنْهُ
Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik.” HR. Ahmad 5: 363. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Syaikh Salim bin ‘Ied Al Hilali berkata bahwa sanad hadits ini shahih. Adapun tidak disebutnya nama sahabat tetap tidak mencacati hadits tersebut karena seluruh sahabat itu ‘udul yaitu baik.

nah, semoga pengetahuan kalian bertambah setelah membaca artikel ini dan mulai menggunakan Windows Original.

Semoga kita dimudahkan oleh Allah Azza Wa Jalla untuk menghindarkan diri dari yang haram. Hanya Allah Azza Wa Jalla yang memberi taufik.

Referensi :

Baca juga