Rekomendasi Spesifikasi PC untuk Desain Grafis 2019

No Comments
akhifaisal.com

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.

Assalamu'alaikum ikhwani wa akhwati fillah, Jika kamu seorang desainer grafis sudah bukan rahasia lagi bahwa kamu harus memiliki spesifikasi tinggi pada Pc mu, tentunya dengan spesifikasi tinggi kamu dapat dengan lebih cepat dan mudah tanpa gangguan dalam mendesain.
Tetapi tidak semua Desainer grafis memikirkan hal ini sebagai gangguan, mungkin bisa karena keterbatasan biaya atau mungkin sudah terbiasa dengan Pc dengan spesifikasi seadanya. karena menurut saya ini adalah sebuah hal yang penting maka dalam posting kali ini saya akan merekomendasikan Spesifikasi PC untuk Desain Grafis 2019. Saya juga akan mereferensikan rekomendasi masing-masing produsen perangkat lunak dan menambahkan input pribadi saya juga berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang desainer.

Jenis Desain Apa yang kamu kerjakan?

"Desain grafis" pekerjaan ini mencakup beragam tugas, macam-macam tipe desain juga bergantung dengan seperangkat alat unik dan persyaratan spesifikasi minimum Pc mu. Sebelum kamu tahu apa yang akan kamu kerjakan dan dengan software apa kamu mengerjakannya, pertama-tama kamu harus menilai pekerjaan desain seperti apa yang akan kamu lakukan. Contohnya, seorang desainer logo dapat mengerjakan desain logonya hanya dengan spesifikasi Pc yang lebih rendah, daripada yang bisa dilakukan oleh seorang desainer animator yang tentunya membutuhkan perangkat Pc dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Jadi masuk akal untuk kamu menilai ini pada tingkat yang lebih personal.

Cara paling mudah untuk menilai hal tadi adalah dengan mengidentifikasi perangkat lunak mana yang akan Kamu gunakan dan memeriksa spesifikasi seperti apa yang direkomendasikan untuk kinerja yang terbaik.

Spesifikasi PC yang Disarankan untuk Desain Grafis 2019

Adobe Photoshop

akhifaisal.com

Menurut situs web Adobe, spesifikasi yang disarankan adalah sebagai berikut ...

CPU: Intel® atau prosesor AMD dengan dukungan 64-bit *; 2 GHz atau prosesor lebih cepat
Memori: 2 GB atau lebih RAM (disarankan 8 GB)

Pendapat saya: yang saya tahu dari pengalaman pribadi bahwa menggunakan Photoshop dengan memori 8 GB sangat bisa membuat frustrasi. Saya memiliki laptop yang saya bawa saat bepergian dengan spesifikasi prosesor i5 dan 8 GB memori, walaupun spesifikasi itu menurut saya sudah lumayan namun saya masih merasa kesulitan untuk mendesain Photoshop. Waktu loading sangat lambat bagi saya dan cenderung ada banyak lagging dan Freezing. Jika kamu ingin kinerja optimal, saya sarankan untuk gunakan 16 GB RAM.

Jika Anda memiliki anggaran terbatas dan mencari PC atau Laptop yang cukup kuat untuk mendesain Photoshop dengan lancar jaya, saya akan merekomendasikan Laptop HP Pavilion Flagship.

Adobe Illustrator

akhifaisal.com

Menurut Adobe, spesifikasi yang disarankan untuk Illustrator adalah sebagai berikut ...

CPU: Prosesor Intel Multicore (dengan dukungan 32/64-bit) atau prosesor AMD Athlon 64
Memori: 2 GB RAM (disarankan 4 GB) selama 32 bit; RAM 4 GB (disarankan 16 GB) untuk 64 bit

Pendapat saya: Sekali lagi, saya pikir adobe illustrator terasa lebih berat dari Adobe Photoshop, dan jika kamu menggunakan perangkat dengan spesifikasi Ram 8gb menurut saya performanya masih kurang, karena software ini akan lebih memakan waktu lama dalam launch pertama dan setelah itu biasanya ada lagging sekitar beberapa detik baru setelah itu bisa di gunakan secara normal dan lagi-lagi saya bisa menyarankan untuk minimal ram dalam penggunaan software ini adalah 16gb

After Effects

akhifaisal.com

Spesifikasi yang disarankan untuk After Effects adalah sebagai berikut ...

CPU: Prosesor Intel Multicore dengan dukungan 64-bit
Memori: minimal 8 GB (disarankan 16 GB)
GPU: 4 GB GPU VRAM

Pendapat saya: Saya memiliki cukup banyak pengalaman bekerja dengan After Effects, tetapi karena ini adalah perangkat lunak animasi, tidak bisa kita samakan denga 2 software sebelumnya, tentu saja software ini akan membutuhkan lebih banyak sumber daya RAM dan bahkan VRAM kartu grafis. 

Untuk kinerja optimal dengan anggaran terbatas, saya akan merekomendasikan ASUS VivoBook Pro.

GIMP

akhifaisal.com

Saya memeriksa situs web resmi GIMP, tetapi saya tidak melihat dokumentasi tentang persyaratan komputer desain grafis. Dari pengalaman pribadi saya, GIMP hampir tidak menuntut seperti Photoshop. Saya sudah menggunakan GIMP pada Pc saya dengan memori hanya 4 GB tanpa terlalu banyak kesulitan. Adapun, saya akan merekomendasikan agar minimal dalam penggunaan GIMP Pc kita memiliki 8 GB memori.


Inkscape

akhifaisal.com

Sekali lagi, saya tidak menemukan persyaratan komputer resmi apa pun yang didokumentasikan di situs web Inkscape, tetapi sebagai seseorang yang memiliki pengalaman baru dengan Inkscape, saya akan merekomendasikan memori minimal 8 GB. Jika kamu memiliki Pc dengan memori 16 GB, itu lebih baik.

Salah satu dari banyak hal hebat tentang perangkat lunak desain open source adalah bahwa ia cenderung ringan dan jauh lebih ringan daripada software besutan Adobe.

Rekomendasi All-In-One

Katakanlah kamu ingin melakukan semua hal di atas - kamu menginginkan mesin all-in-one yang dapat menangani semua jenis kreasi desain grafis. Untuk itu, saya pribadi akan merekomendasikan spesifikasi berikut ...

CPU: Core i7 (Saya akan menggunakan Intel dari pada AMD untuk desain grafis)
Memori: 16 GB (32 GB akan lebih baik)
GPU: GTX 1070 dengan setidaknya 8 GB VRAM
Penyimpanan: SSD dan HDD. Saya telah melihat perbedaan kinerja yang signifikan saat menggunakan solid state drive daripada drive mekanis.

Saya akan merekomendasikan desktop/Pc daripada laptop, karena desktop lebih mudah untuk di Upgrade dan diganti komponennya seiring berjalannya waktu. Desktop cenderung menawarkan lebih banyak daya potensial juga karena tidak dibatasi oleh ukuran seperti laptop.

Desktop desain grafis all-in-one yang murah yang saya sarankan adalah Zotac Gaming MEK1. Dengan prosesor Core i7, 16 GB DDR4, dan kartu grafis GTX 1070Ti, Pc ini harusnya dapat menangani aplikasi grafis mana pun dengan mudah.

Demikianlah pembahasan kali ini. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, tolong bagikan artikel ini dengan orang yang kalian kenal, sungguh berbagi adalah amalan yang mulia.

Jazakumullah Khair wa Barakallahu Fikum
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar

Post a Comment