10 Tips Membeli dan Memilih Part Dalam Merakit PC

No Comments
akhifaisal.com

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.

Assalamu'alaikum ikhwani wa akhwati fillah, kali ini saya akan bahas soal tips-tips dalam membeli part-part untuk merakit pc nih, kenapa? karena saya suka kasihan gitu kalau liat teman-teman masih suka bingung untuk menentukan part macam apa yangmau dibeli, model seperti apa yang mau kamu beli tanpa tau kompatibilitas part nya dengan part yang sudah kamu punya... karena saya pun ngalamin kok dulu
begitu beli part yang ternyata ga kompatibel setelah di beli, kenapa? karena kurangnya pengetahuan soal part-part tersebut guys. sedih sih tapi ya belajar kan dari pengalaman kan ya.


karena part-part pc termasuk barang yang ga murah, jadi mending kita pahami dulu part apa yang mau kita beli, jangan sampai keluar uang begitu aja guys. tapi emang sih kan sekarang banyak toko rakit dan website rakit komputer yang sudah mempermudah kamu merakit pc, tapi kalau kamu memang paham dengan apa yang kamu rakit pastikan lebih puas, ayo coba kita pretelin satu-satu tips nya biar ga rugi waktu dan uang.

1. NIAT

Yang pertama, kamu harus niatkan dan pastikan dulu PC apa yang mau kamu wujudkan, semua orang kan beda motif nya ya, ada yang buat main game, buat desain, buat desain video/multimedia dan animasi, ada juga yang cuma buat penggunaan rumah seperti main solitaire dan ngetik di Ms.Word. nah kalau kamu sudah tau pc apa yang kamu ingin langsung deh buat list part dengan budget yang kamu punya. searching di google salah satu cara yang enak guys bisa liat-liat barang tanpa di ikutin penjaga toko... terlebih kamu bisa compare harganya dengan berpuluh puluh toko lain yang tersebar di internet jadi kamu bakal punya patokan harga, ini berlaku untuk yang mau beli nyicil setiap bulan per partnya ya, kalaupun kamu mau beli cash/langsung semua setidaknya kamu sudah harus ada gambaran untuk model motherboardnya ya. Nah kalau niat model pc macam apa yang akan kamu buat sudah ada lanjut ke tips nomor 2..

2. MOTHERBOARD

Yang kedua, beli motherboard dulu guys biar enak kesana nya kamu tinggal ikuti kompatibilitas motherboard kamu. contoh kamu niat untuk rakit pc gaming ya kamu tinggal pilih motherboard gaming yang sekiranya dapat di upgrade tanpa ganti motherboard lagi ini juga berlaku untuk semua model pc yang kamu niatkan untuk kamu rakit ya. ga apa apa lah ya kamu keluar uang lebih banyak untuk part yang satu ini, namanya juga MOTHERboard ya sebagai ibu dari segala part harus di utamakan. oh iya dan ingat selalu beli part baru ya, jangan barang second kecuali kamu tau pemakainya suka merawat barangnya.. ingat, semua part juga punya umurnya sendiri sendiri..

3. PROCESSOR

Oke yang ketiga, beli processor, tentunya dengan socket yang kompatibel dengan motherboard kamu yah, mau kamu beli AMD ataupun Intel ya tetap ada seri-seri nya lagi jadi kamu harus teliti pada awal kamu beli motherboard dengan menentukan kamu mau pilih AMD atau Intel sebagai otak dari pc kamu ya tentunya dengan berbagai kelemahan dan kelebihan yang sudah kamu pertimbangkan. ingat ini peringatan keras, jangan beli processor second, sayang.

4. VGA

yang ke empat, kamu mendingan beli VGA dulu, kenapa? karena ketiga part ini adalah part-part ter mahal, jadi biar kamu ga terlalu malas di akhir ngumpulin uang lagi buat beli part ini, berat rasanya ngeluarin uang dari dompet kalau yang kelihatan partnya sudah banyak yang dibeli duluan. cari VGA yang cocok dengan niatan model pc mu di awal cari yang pas-pas aja, ga usah yang terlalu bagus juga kalo memang budget kamu minim yang penting cari informasi tentang vga yang memiliki performa tangguh agar ada jaminan part ini akan tahan lama..

5. RAM

Yang kelima, beli RAM dulu boleh lah cari yang mid class yang 2x4 (8gb Kit) ya yang harganya sekitar 750 ribu atau beli yang 2x8 (16gb Kit) dengan harga sekitar 1.3jt an kalau memang kamu pikir kamu butuh ram besar.. sesuaikan juga slot DDR-nya agar kompatibel dengan Motherboard kamu. ingat pertimbangkan budget keseluruhan kamu itu tergantung kamu yang mengelola kantong kamu sendiri pilih dengan bijak dan pertimbangkan ya.

6. HARDISK Atau SSD

Yang ke enam, kamu beli harddisk guys untuk penyimpanan data kamu nantinya.. jaman sekarang belilah yang 1tb itu sudah cukup untuk jalankan sistem dan menyimpan drama korea series kamu kok. harganya berkisar di 600 ribu, sudah mulai agak tenang kan nafas kamu sekarang karena makin sini makin murah. Tapi kalau kamu punya budget yang lebih banyak kamu bisa sandingkan dengan ssd untuk sistem operasimu, yang rata-rata untuk kapasitas 120gb sudah bisa kamu dapat dengan harga 300rb an. Tentunya kamu akan mendapatkan performa pembacaan data dengan lebih cepat.

7. CASING PC

Yang ketujuh, kamu beli casing dulu, ada macam-macam model/tipe ukurannya ada ATX, Mini ATX, High Tower dll nah ukuran ini menyesuaikan si motherboard kamu dan sistem pendingin nya, kamu bisa cek motherboard kamu ukurannya tipe apa dan bisa kamu sesuaikan dengan casing nya nanti, tentu harganya beragam disetiap ukurannya, yang jadi patokan mahal nya adalah bentuk artistik casing dan cooling sistem nya yang aduhai bukan ukuran besar atau kecilnya ya. Cukup beli dengan harga berkisar 600 ribu sudah banyak yang support fine cable system biar ga bergulung-gulung berantakan dan sudah ada cooling system yang lumayan untuk penggunaan harian.

8. PSU (Power Supply Unit)

Yang kedelapan, kamu beli Power Supply Unit atau PSU, setelah part sebelumnya sudah kita beli semua, kita jadi tahu konsumsi daya masing masing part dengan jelas berdasarkan manual book nya, jadi kamu tinggal sesuaikan saja Watt yang kamu butuhkan yah kira kira dari semua part tadi kira-kira kita butuh PSU minimal 500 Watts atau 650 Watts untuk menunjang konsumsi daya masing-masing part, kalau bisa jangan beli kurang dari itu, walaupun bisa kita pakai 450 Watts tapi ga ada yang tau kalau nanti part kita kekurangan daya dan menimbulkan kerusakan, jadi ya minimal 500 Watts deh harganya sekitar 800 ribu sampai 1 juta lebih tergantung merek dan modular atau tidaknya.

9. MONITOR 

Kesembilan, beli monitor boleh lah, kamu bisa beli led monitor atau tv juga yang sekiranya dapat memanjakan mata kamu dengan besar inci nya atau kualitas gambarnya, kalau mau kualitas gambar yang bagus aku sarankan ya beli monitor khusus pc saja, 2 juta an sudah dapat monitor dengan kualitas resolusi gambar yang bagus dan jutaan warna yang tersedia tetapi dengan inci yang ga besar,  paling dengan budget segitu kamu cuma bisa dapat yang 21 inch bagus bagus kalau kamu dapat 24 inch. kalau mau dapat inci yang besar sekitar 30 inch kamu beli tv yang ada konektor VGA atau HDMI nya aja banyak kok macam tv-tv china yang lumayan berkualitas tapi dengan gambar yang ga se jernih monitor khusus pc ya. be wise guys. ingat sesuai budget dan kebutuhan kamu aja.

10. KEYBOARD, MOUSE DAN SOUND SYSTEM

Yang terakhir kamu bisa beli mouse keyboard dan sound bersamaan pilih yang sesuai kebutuhan kamu lagi ya, kalau merek-merek gaming terkenal memang mahal 1 mouse saja bisa 1 juta an atau lebih, jadi ya karena pilihan ini termasuk gear pc jadi ya terserah kamu.. tetapi kalau kamu seorang profesional desainer grafis ataupun freelancer desainer grafis kamu butuh mouse yang proper tentunya kamu bisa baca artikel ini supaya kamu dapat gambaran untuk memilih mouse untuk desainer grafis di tahun 2019

Nah itu aja nih tips beli part pc nya ya mungkin kamu ada metode yang berbeda dalam merakit pc ya ga apa-apa. share di kolom komentar juga ga apa-apa, tapi untuk para pemula yang baru niat bikin pc boleh lah cara ini di gunakan biar ga salah langkah.

nah, Itulah sedikit pembahasan tentang 10 Tips Membeli dan Memilih Part Dalam Merakit PC. Semoga pengetahuan kalian bertambah setelah membaca artikel ini.
Demikianlah pembahasan kali ini. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, tolong bagikan artikel ini dengan orang yang kalian kenal, sungguh berbagi adalah amalan yang mulia.

Jazakumullah Khair wa Barakallahu Fikum

Referensi:
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar

Post a Comment