2 Cara Sederhana Mengoptimalkan Kinerja RAM

No Comments

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.

Assalamu'alaikum ikhwani wa akhwati fillah, bagaimana jika kamu berada dalam situasi yang sedang membutuhkan kecepatan sebuah kinerja PC yang kamu punya, entah kamu ingin main game yang kamu suka, atau ada project yang mau kamu kerjakan, atau bisa jadi PC kamu memang sangat lambat sampai-sampai kamu jengkel dan goyang-goyangin kursor mouse kamu sambil berharap PC kamu ga lambat lagi, dan akhirnya terbesit di pikiranmu untuk beli RAM baru dengan kapasitas yang lebih besar dari yang kamu punya sekarang. tapi sayangnya kamu ter sadar sekarang tanggal tua, dan misal pun sudah gajian, harga RAM yang mau kamu beli harganya setengah dari gajimu dan akhirnya hingga berujung pada pemupusan anganmu tadi untuk membeli RAM baru. Sedih? Iya sedih, bagi kamu yang ter obsesi dengan game atau kamu punya project dengan deadline mepet yang sudah terlanjur kamu ambil, atau kamu mahasiswa/i yang sedang mengerjakan skripsi dan selalu ditagih kelulusan nya, perasaanmu pasti kacau setengah mati.


RAM atau Random Access Memory mempengaruhi kecepatan PCmu dalam memproses computing, sebagai media penyimpanan sementara dalam keadaan PCmu menyala dan mendukung kinerja processor. dalam hal yang sama. Adapun kecepatan dan kapasitas RAM berkaitan langsung dengan kinerja PC itu sendiri, singkatnya semakin besar kapasitas RAM, maka semakin baik pula kinerja PCmu. Tapi hal ini bukan satu-satunya jaminan PCmu mengalami perlambatan performa, masih banyak faktor lain yang mempengaruhi perlambatan performa, tapi sebagian besar di sebabkan oleh kurangnya kapasitas RAM yang kamu miliki. Kurangnya kapasitas RAM bukan berarti RAM itu kecil, contoh kamu memakai RAM dengan kapasitas 8gb kapasitas ini termasuk cukup besar tapi bukan berarti tidak luput dalam mengalami perlambatan performa guys karena ram sebesar apapun nantinya seiring banyak program yang kamu Install maka akan mengalami penurunan performa jika tidak di optimasi. Maka dari itu aku akan sharing kepadamu cara mengoptimalkan performa kinerja RAM sebagai solusi jika RAM kamu mengalami penurunan performa atau jika kamu belum ada budget untuk membeli yang baru.


Saya akan berikan cara & tips sederhana yang dapat dicoba untuk mengoptimalkan RAM komputer dari dalam perangkat lunakmu dan perangkat luarmu juga. 

Saya mulai dari perangkat kerasnya.

Ada 2 Perangkat keras yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan kinerja RAM dan juga bisa memperpanjang umur RAMmu :

1. Heatsink RAM Upgrade Kit

Ya, seperti yang kamu tau beberapa RAM memang banyak yang sudah dijual bersama heatsink yang terpasang langsung, contohnya seperti merek-merek yang sudah lalu-lalang di pasaran seperti Corsair, Patriot, Avexir dan lain-lain tapi untuk kamu yang masih memakai RAM yang ga ada Heatsink nya, kamu bisa pakai ini, sebagai solusi untuk mengoptimalkan RAM kamu dengan menjaga suhu agar tetap memiliki performa baik walaupun digunakan dengan pemakaian lama. RAMmu bisa mengalami penurunan performa jika terlalu memiliki suhu yang panas selain terjadi penurunan performa jika terus menerus dapat menimbulkan kerusakan permanen pada RAM. Walaupun tidak signifikan dalam kualitas menjaga suhu RAM tapi setidaknya bisa sedikit memberi rasa aman ketika PC aktif dalam jangka waktu lama.

2. RAM Cooling Airflow Fan


Nah kalau yang ini mungkin beberapa dari kamu masih ada yang belum tau, ya, namanya RAM Cooling Airflow Fan, intinya sih cuma kipas yang dipasang tepat diatas RAM kamu sehingga terlihat menutupi RAM tapi menghembuskan angin secara langsung kedalam memory modul kamu dengan kecepatan putaran kipas 3500/2500 RPM. Dan RAM Cooling Airflow Fan ini bagian dari RAM accessories yang menurutku berguna banget untuk menjaga suhu RAMmu dari pada Heatsink karena Heatsink hanya bersifat meredam panas macam orang sakit demam yang di kompres jidat nya. Nah tapi jika digabung antara Heatsink dan RAM Cooling Fan bisa menjadi kolaborasi yang bagus dalam menjaga suhu RAM dan mencegah/memperlambat penurunan performa.

Setelah kamu menggunakan aksesoris tadi, kamu bisa makin optimal kan dengan 3 cara melalui perangkat lunak kamu dalam mengoptimalkan kinerja RAM :


1. Gunakan Task Manager

Melalui Task Manager kamu bisa pantau setiap proses atau kegiatan yang sedang berjalan pada PCmu. Dalam hal ini hampir semua sistem operasi memiliki kemampuan mengurutkan penggunaan RAM dari yang terbesar sampai terkecil. Hanya saja setiap sistem operasi biasanya memiliki cara yang berbeda. Sebagai contoh untuk Windows kamu bisa melakukan klik kanan pada start taskbar lalu pilih Task Manager. Dengan cara tersebut kamu akan melihat jendela baru yang menampilkan semua proses yang berjalan saat itu.

2. Gunakan Disable Startup Apps

Setelah memantau semua proses yang sedang berjalan, tips selanjutnya yaitu Disable Startup App. Startup app sendiri merupakan program yang akan berjalan secara otomatis saat PCmu dinyalakan. Semakin banyak program yang berjalan, biasanya akan menambah berat prosesnya login kedalam operation systemnya. Oleh karenanya kamu perlu lakukan Disable Startup App karna dapat meringankan kinerja dan mengoptimalkan RAM komputer. Bagi kamu pengguna Windows 7, kamu dapat setting startup melalui msconfig. Sementara jika kamu pengguna Windows 8 hal ini bisa lebih mudah, dengan cari task manager dan pilih tab startup dalam task manager.

3. Gunakan Software Pihak Ketiga

Aplikasi yang digunakan sebaiknya memang disesuaikan kebutuhan. Sebagai contoh beberapa anti virus yang juga dimanfaatkan untuk tweak. Tetapi ternyata kamu juga menginstall aplikasi lain seperlu booster. Adapun sebagai opsi kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga berupa CCleaner untuk Windows. Mungkin aplikasi tersebut bukan pilihan terbaik, karenanya kamu juga boleh menggunakan aplikasi pihak ketiga yang lain. Tentunya aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi yang bekerja pada perangkat PC kamu.

Cara dan tips tersebut dapat dipakai dalam mengoptimalkan kinerja RAMmu itu semua tinggal pilihanmu untuk gunakan cara yang mana. yang paling bagus adalah mengkombinasikan cara-cara tersebut menjadi satu sehingga kamu benar-benar memiliki PC dengan kinerja optimal dan tidak mengganggumu dengan performa yang lambat, tentu ini hanya sekedar cara untuk mengoptimalkan RAM yang sudah kamu punya, tapi jika memang kamu punya uang lebih kamu bisa tambahkan kapasitas RAMmu dengan membeli  RAM baru atau dengan penambahan keping RAM lainnya.

Sekian dulu Sharing dan Penjelasan Cara Mengoptimalkan Kinerja RAM untuk kali ini. Semoga pengetahuan kalian bertambah setelah membaca artikel ini.
Demikianlah pembahasan kali ini. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, tolong bagikan artikel ini dengan orang yang kalian kenal, sungguh berbagi adalah amalan yang mulia.

Jazakumullah Khair wa Barakallahu Fikum
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar

Post a Comment