Rekomendasi Mouse Nirkabel Terbaik untuk Desainer 2019

akhifaisal.com

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.

Assalamu'alaikum ikhwani wa akhwati fillah, dalam posting kali ini saya akan berbicara sedikit tentang mouse yang akan kamu gunakan untuk pekerjaan desain grafis, aspek apa saja yang dicari dalam mouse, apakah kamu harus menggunakan mouse nirkabel atau tidak, dan apa mouse nirkabel adalah mouse terbaik untuk desainer.

secara pribadi lebih saya lebih suka menggunakan mouse berkabel, tapi saya mengerti bahwa ada manfaatnya dengan menggunakan mouse nirkabel yang dapat terbukti sangat berguna bagi para desainer grafis dengan mobilitas tinggi. Mari kita lihat beberapa pro dan kontranya. 

Pros 
  • Mobilitas: Jika kamu bekerja menggunakan laptop dan terus-menerus berada di luar atau bepergian, kadang-kadang lebih baik tidak membawa banyak barang yang berkabel yang nantinya akan mudah tergantung dan tersangkut benda-benda di dekatnya. Tentunya mouse nirkabel menawarkan kemudahan mobilitas yang tidak dapat dilakukan mouse kabel. 
  • Terlihat Lebih Rapi: Melihat meja saya sendiri saat ini, saya melihat setidaknya 5 kabel berbeda saling terkait dan menyebabkan kekacauan, mungkin bisa dibilang ruang kerja saya sangat berantakan. Ini agak mengganggu ketika saya mencoba untuk membersihkan, dan akan membutuhkan waktu lebih untuk merapihkan kabe-kabel yang teruntai. Dengan menggunakan mouse nirkabel berarti kamu sudah mengurangi kekacauan di ruang kerjamu. 
  • Pergerakan Lebih Halus: Karena mouse nirkabel tidak memiliki kabel, maka kamu akan dapat menggerakkan mouse dengan lebih lancar dan akurat tanpa terganggu dibandingkan kamu menggunakan mouse berkabel yang terkadang pergerakan mousemu dapat seringkali terhambat karena terselip kabel, atau terhenti karena kabel yang tertarik. Ini mungkin terdengar tidak penting, tetapi dalam hal desain grafis - sesuatu yang membutuhkan perhatian khusus pada semua detail ini agak penting. Dan itu akan cukup untuk membuat perbedaan yang nyata ketika kamu benar-benar merasakan dengan membedakannya. 
Cons
  • Baterai yang Harus Selalu diganti/diisi: Menggunakan mouse nirkabel untuk desain grafis berarti kamu akan perlu mengkhawatirkan pengisian daya. Karena baterai memiliki daya yang terbatas, berarti kamu juga harus siap untuk agak sedikit repot kalau-kalau baterai mouse nirkabelmu habis di tengah project yang sedang kamu kerjakan. Tapi ini bervariasi untuk setiap orang karena beberapa orang tidak merasa terganggu akan hal ini. 
  • Masalah Kompatibilitas: Setelah kamu mulai bekerja dengan perangkat nirkabel, tentu kamu harus mulai berurusan dengan driver juga. Tetapi hal ini bukanlah masalah di tahun 2019, tetapi bisa menjadi masalah jika kamu seorang pengguna Linux  atau driver kamu hilang secara tiba-tiba dan kamu harus menghabiskan beberapa waktu berselancar di Google untuk mendownload dan  menginstalnya kembali. 
  • Harga: Dari apa yang saya lihat, mouse nirkabel yang berkualitas biasa biasanya lebih mahal daripada mouse kabel yang bagus. Ini bisa menjadi masalah jika kamu hanya memiliki budget terbatas.

Yang Harus Diperhatikan Dalam Mouse Desain Grafis

Terlepas dari apakah kamu memutuskan untuk menggunakan mouse nirkabel atau tidak untuk pekerjaan desain grafis, ada beberapa hal yang harus selalu kamu perhatikam untuk sebuah mouse desain grafis. 
  1. Roda Mouse (Mouse Scroll), tentunya dalam mendesain kamu membutuhkan segala aspek dalam maous untuk kamu pergunakan secara maksimal, termasuk roda mouse yang sensitif maupun tidak itu menjadi preferensi sendiri pada setiap desainer grafis, walaupun terdengar sepele tetapi memperhatikan aspek ini dalam pemilihan mouse akan dapat meningkatkan alur kerja kamu sehingga tidak masuk akal untuk tidak mempertimbangkan kualitas roda mouse.
  2. Pengaturan DPI, Tanpa masuk ke seluk-beluk teknis, DPI berarti titik-titik per inci, dan dalam istilah mouse hal ini berarti sensitivitas gerakan. Setiap orang memiliki refleks, pola motorik, dan preferensi yang berbeda, dan preferensi sensitivitas dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan resolusi layar, sehingga sangat berguna untuk membuat pengaturan tersebut secara manual disesuaikan secara langsung pada perangkat. Ini jauh lebih mudah daripada harus menemukannya di pengaturan sistem operasi kita. Pertimbangan lain adalah sensitivitas mouse cenderung bervariasi berdasarkan aplikasi yang kamu gunakan. 
  3. Mouse dengan led yang menyala Jika kamu adalah seorang desainer yang bekerja berjam-jam, kemungkinan kamu akan bekerja setelah gelap/malam. Memiliki mouse yang memiliki cahaya led membuat kegiatan mendesainmu tidak monoton dan bahkan terkadang memberikan ide. Satu pertimbangan terakhir adalah harga. Meskipun judul posting ini adalah mouse nirkabel terbaik untuk desainer, yang menunjukkan bahwa harga tidak dipertimbangkan, saya tetap akan mempertimbangkannya. Saya akan menghadirkan dua opsi berbeda: mouse nirkabel anggaran terbaik, dan mouse nirkabel terbaik untuk desainer secara keseluruhan.
Mouse Nirkabel "budget" Terbaik: Mouse Logitech M171

akhifaisal.com


Pilihan utama saat memilih mouse pasti menyertakan Logitech sebagai salah satu merek yang dipertimbangkan. Logitech M171 adalah mouse yang tergolong biasa dari segi harga, namun juara dalam hal kualitas. Mouse ini sangat cocok untuk kamu yang bekerja dengan banyak project desain dan lembar dokumen karena responsnya cepat dan praktis. Untuk penggunaannya, mouse ini menggunakan sistem plug and play sehingga kamu juga tidak perlu melakukan pairing maupun download software tertentu untuk menggunakannya. 

Kelebihan lainnya adalah USB receiver-nya bisa disimpan di sisi bawah mouse karena ada selot USB receiver yang didesain di sana untuk mencegah receiver tertinggal saat akan dibawa bepergian. Tidak ada pancaran sinar yang muncul dari mouse ini, sangat nyaman untuk kamu yang ingin bekerja dengan lebih tenang.

di toko-toko online rata-rata di banderol dengan harga : Rp 124.750

Mouse Nirkabel Nirkabel Terbaik untuk Desainer: Logitech G903

akhifaisal.com


Menurut saya pribadi mouse nirkabel terbaik untuk para desainer adalah Logitech G903, dan karena beberapa alasan. Pertama, saya sendiri adalah pelanggan Logitech. Saat ini saya menggunakan mouse Logitech dan MSI kabel yang tidak bisa saya ceritakan lebih banyak tentang hal itu. Kedua, ini mencakup semua fitur dari mouse yang disebutkan di atas. Ketiga, fitur bobot yang dapat dilepas - sesuatu yang sangat saya sukai tentang perangkat Logitech. Ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan berat mouse secara manual berdasarkan preferensi kamu. Akhirnya, kabel pengisian daya yang disertakan dengan Logitech G903 berfungsi ganda sebagai kabel, sehingga Anda dapat menggunakannya dalam kapasitas kabel seperti halnya kamu menggunakan mouse lain jika kamu mau.

di toko-toko online rata-rata di banderol dengan harga : Rp 1.250.000

nah, Itulah rekomendasi mouse nirkabel terbaik untuk desainer 2019. Semoga pengetahuan kalian bertambah setelah membaca artikel ini.
Demikianlah pembahasan kali ini. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, tolong bagikan artikel ini dengan orang yang kalian kenal, sungguh berbagi adalah amalan yang mulia.

Jazakumullah Khair wa Barakallahu Fikum

Referensi:

Baca juga