Ulasan Perbandingan Performa SSD & HDD

No Comments
akhifaisal.com

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.

Assalamu'alaikum ikhwani wa akhwati fillah. Zaman sekarang ini perkembangan teknologi dari segala aspek lagi meningkat, semua perusahaan produk elektronik saling berlomba mengeluarkan inovasi-inovasi produk baru atau pembaharuan produk lamanya, ga kebayang 5 tahun lagi inovasi apa ya yang bakal menambah pengalaman mu dalam menggunakan PC. 


Sampai hari ini pun sudah banyak loh teknologi yang sebenarnya sudah dilakukan pembaharuan dari dulu, tapi mulai eksis dan dibutuhkan di masa kini dalam menunjang kebutuhan penggunaan PC, salah satunya itu SSD, Pasti sudah banyak yang sudah tau tentang SSD, ada juga yang belum tau kan apa itu SSD?
Saya kasih tau dulu deh sejarahnya, kenapa sih SSD disebut pembaharuan teknologi sebelumnya :

Sejarahnya


Riwayat penyimpanan data tanpa menggunakan komponen bergerak ini sebenarnya sudah dimulai sejak akhir 1960-an dan awal tahun 1970-an. Waktu itu, SSD dibuat untuk PC super buatan IBM yaitu Amdahl dan Cray. karena mahal nya harga yang harus dibayar, membuat SSD ga bisa diproduksi secara masal karena tidak ekonomis jadilah saat itu SSD hanya dibuat jika ada pesanan.

Proyek SSD kemudian dimulai lagi dengan kehadiran SSD yang dibuat oleh StorageTek pada akhir 1970-an. Di awal tahun 1980-an, Santa Clara Systems memperkenalkan BatRam, sebuah memori berbentuk serangkaian chip RAM dengan kapasitas total sebesar 1 megabit (125 kilo byte) yang berfungsi mengemulasikan hard-disk, suatu media penyimpanan yang cukup besar kala itu, karena MS-DOS versi 1.0 hanya mendukung media penyimpanan maksimal sebesar 160 kilo byte saja. Dalam paket nya, memori ini dilengkapi dengan baterai isi ulang. Baterai ini berfungsi menyimpan data saat rangkaian RAM tidak mendapatkan pasokan daya listrik misalnya saat komputer dimatikan.

Pada tahun 1995, M-Systems memperkenalkan SSD berbasis flash memory. SSD ini kemudian secara luas dipakai oleh kalangan militer dan industri angkasa luar Amerika Serikat sebagai pengganti fungsi harddisk konvensional. Semenjak itu, SSD semakin berkembang sehingga berbentuk dalam perangkat yang kita kenal sekarang dan mulai diproduksi secara massal sehingga saat ini harganya semakin terjangkau meskipun hard-disk konvensional masih jauh lebih murah.

kali ini saya akan berikan sedikit ulasan yang mudah kamu pahami tentang SSD :

SSD atau Solid State Disk 

adalah sebuah media penyimpanan data yang menggunakan non volatile memory sebagai media dan tidak menggunakan cakram magnetis seperti harddisk konvensional. berbeda dengan volatile memory, data yang tersimpan dalam SSD tidak akan hilang meskipun ga ada listrik.
SSD itu masih sama kegunaannya seperti Harddisk guys, yang membedakan adalah kalau harddisk itu kalau kamu bongkar dan lihat dalamnya, di situ ada yang namanya cakram magnetis, cakram magnetis? iya, cakram magnetis itu piringan bundar yang terbuat dari logam atau plastik, yang dilapisi bahan yang bisa di magnetasi yang bekerja dengan lengan diatas nya yang bergerak membaca atau menulis data. nah kalau SSD ga ada cakram magnetis nya dia dalamnya hampir mirip terlihat seperti RAM yang ada cuma komponen atau kumpulan rangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data kita, gampang nya adalah versi Flashdisk yang lebih canggih lah guys tapi jelas dengan kapasitas lebih besar serupa dengan harddisk dari perbedaan sistem membaca dan menulis datanya saja kita bisa langsung tau mana yang lebih cepat.


nih ya kalo mau kita jabarkan tentang SSD perkara performa:
  • SSD rata-rata membutuhkan daya 2-3 Watt | Harddisk rata-rata membutuhkan daya 6-7 Watt
  • SSD rata-rata waktu booting 10-13 Detik | Harddisk rata-rata waktu booting 30-40 Detik
  • SSD rata-rata kecepatannya 200mbps | Harddisk rata-rata kecepatannya antara 50-120mbps
  • SSD aman terhadap gaya imbas magnet | Harddisk gaya magnet dapat menghapus data, voilaa!
Kalau ditanya soal performa, memang SSD sudah meninggalkan jauh HDD untuk pemakaian laptop maupun PC. sebenarnya keuntungan atau kelebihan lain SSD adalah tak ada getaran karena ga ada pergerakan didalamnya, tidak berbunyi juga, kecepatan membuka file lebih cepat 30% dari HDD dan kalau di ulik lagi mungkin masih banyak lagi. cuma kekurangannya untuk kita adalah harganya yang masih sangat mahal walaupun memang terbayar dengan kinerja yang cepat dan memberikan pengalaman menggunakan PC semakin menyenangkan, tapi kalau sekiranya kamu memang ga membutuhkan kecepatan dalam memproses data yaa menurutku jangan beli, atau kamu bisa kumpulin aja uangmu sampai bisa kebeli SSD dengan kapasitas yang besar sekalian jadi akan kepakai dengan waktu yang cukup lama dengan performa yang memanjakan kita.


nah, Itulah sedikit pembahasan tentang Ulasan Perbandingan Performa SSD & HDD. Semoga pengetahuan kalian bertambah setelah membaca artikel ini.
Demikianlah pembahasan kali ini. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, tolong bagikan artikel ini dengan orang yang kalian kenal, sungguh berbagi adalah amalan yang mulia.

Jazakumullah Khair wa Barakallahu Fikum

Referensi:
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar

Post a Comment