Pilih Monitor PC atau Monitor TV?

akhifaisal.com


Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.

Assalamu'alaikum ikhwani wa akhwati fillah, di jaman sekarang teknologi merupakan media yang sangat menunjang produktifitas. terutama kamu yang bergelut di bidang multimedia, sangat sulit jika di pisahkan dari teknologi, tapi teknologi diciptakan sesuai dengan kebutuhan para manusia, sehingga memiliki spesifikasi unggulan yang mempermudah kita dalam membedakan mana teknologi yang cocok untuk kita pakai atau tidak.

Untuk kamu yang bergelut di bidang multimedia Monitor adalah part yang sangat penting dalam menunjang karirmu. dari berbagai banyak merek monitor kamu dapat pilih mana yang sekiranya cocok denganmu mulai dari segi hemat daya, warna, estetika, atau bahkan harga. tetapi karena faktor harga seringnya kamu berimprovisasi dengan membeli monitor yang seharusnya tidak diperuntukan untuk itu.

jadi kali ini saya akan bahas tentang beda Monitor PC dengan Monitor TV.

  • Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi inilah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
  • Monitor TV jika berdasarkan definisinya Pada dasarnya sebenarnya LED TV merupakan pengembangan dari LCD TV dimana jenis ini menggunakan LED Backlight sebagai pengganti cahaya fluorescent yang digunakan pada jenis LCD TV sebelumnya. Ada dua macam bentuk LED TV yang beredar di pasaran: RGB LED dengan LED yang diletakkan di belakang panel layar, atau EDGE-LED dimana LED diletakkan di sekeliling layar.

Secara teknis monitor komputer dan tv memang mirip dan kurang lebih sama, lalu kenapa di bedakan? hal ini adanya perbedaan penggunaan tv pada umumnya di gunakan untuk melihat citra gambar dengan jarak cukup jauh disesuaikan dengan inch nya, semakin besar ukuran layar tv semakin jauh pula kamu harus menontonnya. berbeda dengan monitor komputer, monitor ini di ciptakan untuk penggunaan jarak dekat dengan waktu yang cukup lama, sehingga para peneliti memasukan teknologi-teknologi yang dapat menunjang khususnya agar dapat digunakan dalam waktu lama sehingga mata tidak cepat lelah.

Perbedaan utama (awalnya) antara “televisi” dan “memantau” adalah televisi memiliki built-in tuner untuk memilih saluran siaran dan / atau kabel dari kabel koaksial, dan monitor tidak. Dalam rangka untuk menonton TV kamu perlu tuner.
Tidak masalah jika tuner di TV atau disediakan oleh penyedia layanan TV kamu. Intinya adalah memiliki tuner. Layar televisi biasanya dilihat dari kejauhan, sehingga mereka dibangun lebih besar dari layar komputer rata-rata. Untuk mengakomodasi presentasi kecil, gambar belum terdefinisi dengan baik, monitor komputer menggunakan lebih kecil dot (pixel) ukuran dan standar konvergensi lebih besar dari yang berlaku untuk penerima televisi. Di layar televisi, dari beberapa meter jauhnya, pixel yang membentuk gambar bisa jauh lebih besar daripada di layar komputer, dan masih memberikan yang jelas, gambar yang tajam dengan sesuatu seperti 1920 x 1080 (Full HD) pixel. Langkah lebih dekat ke TV besar, bagaimanapun, dan Anda akan mulai melihat unsur-unsur gambar individu persegi. Monitor digunakan untuk melihat detail kecil, seperti teks, dari jarak dekat.

Untuk membuat hal-hal terlihat tajam, layar perlu piksel yang lebih kecil, dikemas bersama-sama lebih padat. Sebuah kontemporer 27 “iMac jauh lebih kecil dari sekarang 40” TV, tapi jumlah pixel melampaui Full HD 2560 x 1440. di monitor komputer telah membatasi pilihan input, sementara TV memiliki banyak konektor input. Dan lagi, tidak seperti monitor komputer, memiliki built-in speaker.
Pada monitor komputer, frekuensi video (bandwidth), yang merupakan pengukuran menentukan berapa banyak titik dapat ditransmisikan per detik untuk membentuk sebuah gambar, umumnya 15 MHz atau lebih besar. Tapi dalam kasus TV atau monitor video, bandwidth umumnya tidak lebih dari 6 MHz. Monitor komputer mampu menerima sinyal hanya dari central processing unit komputer.
Oleh karena itu mereka tidak dapat mereproduksi gambar warna dari sinyal video komposit yang gelombang sesuai dengan standar broadcast (NTSC, PAL dan D-MAC). Frekuensi scanning horizontal monitor ini bervariasi sesuai dengan standar untuk berbagai mode tampilan, umumnya dari 15 kHz ke atas 155 kHz. Beberapa mampu beberapa frekuensi scanning horisontal. Frekuensi scanning horizontal monitor video / TV adalah tetap, biasanya 15,6 atau 15,7 kHz tergantung pada standar televisi yang berlaku.

Jadi, Konklusi nya adalah untuk penggunaan Desain Grafis, lebih baik kamu memakin monitor komputer dari pada menggunakan tv walaupun kamu jika memilih tv kamu akan mendapatkan inch yang besar dengan harga yang murah tapi kamu tidak akan mendapat resolusi yang tinggi, maupun fitur-fitur yang berhubungan dengan Desain Grafis.

nah, Itulah sedikit pembahasan tentang monitor TV atau monitor PC. Semoga pengetahuan kalian bertambah setelah membaca artikel ini.
Demikianlah pembahasan kali ini. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, tolong bagikan artikel ini dengan orang yang kalian kenal, sungguh berbagi adalah amalan yang mulia.

Jazakumullah Khair wa Barakallahu Fikum

Referensi:

Baca juga