5 Masalah yang Sering Terjadi pada PC

No Comments
akhifaisal.com

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.

Assalamu'alaikum ikhwani wa akhwati fillah, masih ingat tentang artikel yang kita bahas tentang 9 cara pengecekan Rutin Mingguan Pada PC?, atau 10 Penyebab PC Menjadi Lambat dan Cara Penanganannya?, Aku pernah bilang dalam salah satu artikel itu bahwa : 
"sebenarnya PC pun ringkih dan sensitif. Dan kamu harus berikan treatment secara berkala pada PC kamu agar ga terjadi hal yang ga kamu inginkan".
Nah, memang apa sih hal yang gak di inginkan nya? yang gak di inginkan nya adalah Jangan menunggu sampai PC kamu KO. Jika ingin PC kamu selalu sehat. periksalah secara berkala gejala gejala wajar pada OS kamu. terutama yang setia menggunakan windows. salah satu masalah yang sering ditemui, windows kamu akan berjalan sangat lambat, baik pada startup atau pada saat kamu gunakan untuk bekerja.
Gejala lain seperti fan processor yang tiba-tiba mengeluarkan suara keras dan bekerja secara tidak stabil, atau optical drive dan hardisk kamu mengeluarkan bunyi yang mengganggu.
Jika kamu mengabaikan gejala tersebut bisa bisa PC kamu akan mengalami Crash, entah dalam waktu dekat atau dalam waktu kapanpun.

Aku sekarang akan coba bahas tentang "Mengetahui Masalah yang Sering Terjadi pada PC" kamu :
  • Masalah Saat booting PC tiba tiba tidak merespon dan kemudian muncul error.
  1. Diagnosa : Setting BIOS tidak benar dan mengalami error, atau bisa juga tidak ditemukan OS yang bisa di-load oleh system
  2. Solusi : Setting ulang bios yang error tadi, biasanya ditunjukan errornya, baca dengan teliti keterangan yang muncul. periksa juga kesehatan PC kamu terutama menyangkut setting voltage.
  • Masalah PC desktop kamu mengalami crash atau booting secara berulang ulang
  1. Diagnosa : Kemungkinan terjadi kerusakan di RAM. juga bisa di sebabkan sudah lemahnya atau tidak stabilnya PSU yang di gunakan, atau bisa karena udara dalam casing terlalu panas (overheat).
  2. Solusi : Periksa dengan teliti kesehatan PC kamu dengan aplikasi bawaan yang ada di PC/laptop kamu, seperti CPU meter dll.
  • Masalah PC tiba tiba crash setelah bekerja cukup lama
  1. Diagnosa : Biasanya masalah klasik seputar suhu yang overheat, biasanya banyak terjadi pada processor dan video card.
  2. Solusi : Masalah bisa di atasi dengan membersihkan heatsink CPU atau video card tesebut. bersihkan jika hanya kotor dan berdebu saja. jika perlu tambahkan fan tambahan untuk menjaga suhu dalam casing tetap dingin. selain itu periksa kecepatan putar fan dan penunjuk suhu dalam bios
  • Masalah PC yang biasanya berjalan normal kemudian tiba-tiba bekerja sangat lambat saat melakukan load yang tinggi seperti ketika kamu menonton DVD atau HD video atau sedang menggunakan aplikasi 3D 
  1. Diagnosa : Biasanya ini di sebabkan karena permasalahan suhu dan power supply, di mana aplikasi yang membutuhkan load yang tinggi akan memakan resource hardware yang tinggi juga. utamanya jika kamu menggunakan untuk menonton film kualitas tinggi (HD DVD) atau memakai aplikasi 3D yang membutuhkan banyak rendering. hal itu akan banyak menguras daya dari PSU dan membuat video card bekerja ekstra keras yang menyebabkan habisnya daya dari PSU dan chipset video card menjadi jauh lebih panas suhunya (overheat)
  2. Solusi : Pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan pengecekan voltage suhu PSU yang bisa di lihat dari bios, jika tidak bermasalah periksa lagi kemampuan video card kamu, jika memang spesifikasi nya tidak memungkinkan lagi, jangan di paksakan. karena hanya akan merusak video card tersebut. solusinya ganti dengan video card yang spesifikasi nya lebih bagus.
  • Masalah PC tiba tiba "hang", namun tidak beberapa lama PC tesebut bekerja normal kembali
  1. Diagnosa : Masalah bisa bersumber pada RAM. apakah RAM kamu cukup besar atau malah kurang. dan juga bisa terjadi permasalahan pada hardisk.
  2. Solusi : Lakukan pengecekan kapasitas memory dengan aplikasi memtest. jika yang di gunakan sampai 80%, kamu harus menambah fisik RAM kamu tesebut. Saat ini standar RAM adalah 1GB, selain itu masalah juga bisa terjadi pada hardisk, kemungkinan terjadi error pada saat read dan write, ini bisa kamu periksa dengan menggunakan aplikasi HD Tune. jika masalah tersebut terjadi saat memasukan CD/DVD, pastikan media CD/DVD tersebut dalam keadaan bagus dan tanpa goresan dalam, jika di perlukan lakukan cleaning optical disk dengan media pembersih
Mungkin itulah 5 Masalah yang Sering Terjadi pada PC yang bisa saya simpulkan berdasarkan pengalaman yang saya temui. Semoga pengetahuan kalian bertambah setelah membaca artikel ini. Demikianlah pembahasan kali ini. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, tolong bagikan artikel ini dengan orang yang kalian kenal, sungguh berbagi adalah amalan yang mulia.

Jazakumullah Khair wa Barakallahu Fikum

Referensi:

Previous PostOlder Post Home

0 komentar

Post a Comment