9 Cara Pengecekan Rutin Mingguan Pada PC (Maintenance)

No Comments
akhifaisal.com

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.

Assalamu'alaikum ikhwani wa akhwati fillah, kamu pasti pernah mengalami yang namanya lama booting, lag, bluescreen dan sebagainya yang mengganggu gaming atau pekerjaanmu. Kenapa sih itu bisa terjadi? Itu karena kamu ga punya perhatian khusus sama PCmu, sama kaya kalo kamu sebagai atasan dan kamu punya seorang bawahan ketika kamu gunain semua kemampuan dia berjam-jam lamanya untuk kepentingan kamu dan ga kamu treatment dia secara khusus sangat dimungkinkan kinerja bawahanmu akan berkurang atau malah absen karena sakit-sakitan. Cukup jelas ya persamaannya, karena banyak yang bilang PC itu kuat, lebih kuat dari pada laptop yang terkenal ringkih dan sensitive, ya betul sih kalau berdasarkan lama pemakaian dan ketahanan nya memang PC lebih juara, tapi sebenarnya PC pun ringkih dan sensitif. Dan kamu harus berikan treatment secara berkala pada PC kamu agar ga terjadi hal yang ga kamu inginkan.


Berkala? Kapan aja? Ya minimal kamu bisa maintenance atau lakukan pengecekan selama seminggu sekali, kok sering banget sampe harus seminggu sekali? Ya itu semua tergantung pemakaian pada PCmu karena yang tau penggunaannya berat atau nggak ya cuma kamu sendiri, itu juga kalo PC di rumahmu PC personal, apa lagi kalau pengguna PC di rumahmu ga cuma kamu aja misal ada adik kamu yang juga ikut gunakan PCmu, atau ayah dan ibu kamu yang gunakan PCmu untuk mengerjakan laporan kerjaannya atau mungkin sekedar internetan kamu bisa bayangin recycle bin kamu numpuk penuh file Ms.Office dan file-file lain, dan isi dalam harddisk mu yang berantakan karena mereka asal menaruh file yang mereka bawa atau yang mereka download, belum lagi kalau mereka menggunakan internet, semua tombol download di sebuah website pasti di klik dan di install yang akhirnya terinstall lah semua software ga jelas yang mengganggu startup windowsmu. Mimpi buruk buat kamu yang menginginkan kondisi PCmu selalu prima.

Nah maka dari itu kali ini saya mau bahas tentang cara melakukan pengecekan rutin mingguan pada PC. Agar kondisi PCmu selalu prima dan siap untuk lakukan semua yang ingin kamu kerjakan. Dan ini sedikit tahap-tahap yang bisa kamu lakukan :

Kita mulai dari perangkat keras :

1. Bongkar PC

Bongkar isi PCmu, pastikan kamu bisa pasang semuanya lagi ya, atau kamu harus siapkan manual book semua part PC kamu supaya kamu lebih mudah dalam memasang kembali. Kenapa harus di bongkar? Karena pasti di dalam PC kamu ada debunya dan debunya kadang bukan debu yang ringan dan bakal terbang kalau kena angin, tapi debu yang menempel dan kaya dan berminyak. Kamu pisah semua part kamu dengan kamu copot satu-persatu sampai terbagi menjadi beberapa bagian agar lebih mudah untuk kamu bersihkan.

2. Bersihkan Dengan Kuas

Bersihkan semua partnya dengan kuas disetiap celah-celah komponennya, kenapa harus di hilangin debunya? Karena biar ga korsleting. Karena debu kalau kena panas bisa terbakar kalaupun ga terbakar debu bisa menyerap panas, sehingga suhu panasnya lebih lama dalam komponen part PCmu yang nantinya berujung Overheat. Cara ini berlaku untuk semua part kamu kecuali prossesor ya guys, prosessor kalo memang ga ada masalah ga usah di buka-buka, buka aja kipas dan heatsink nya bersihkan debunya. Sampai semua bersih ya.

3. Semprot Dengan Blower

Setelah itu kamu semprot dengan blower guys, atau Vacum cleaner yang bisa menghembuskan angin, supaya sisa-sisa debu yang ringan nya bisa terbang jauh dari part-part PCmu. Sampai sekiranya sudah ga ada debu lagi.

4. Ganti Pasta Thermal Pada Prosessor

Sebelum kamu pasang atau rakit lagi part-part PC kamu, kamu ganti dulu pasta dari punggung processor kamu, kamu oleskan lagi yang baru karena pasta yang lama pasti sudah kering atau malah habis. Oleskan pasta baru agar Processor mu kembali dingin. Dan pasang kembali semua part-part yang sudah kamu bersihkan secara hati-hati dan penuh perasaan.

Pastikan semua sudah terpasang dan kamu boleh nyala kan kembali PCmu dan lanjut ke tahap selanjutnya yaitu kita optimasi lewat perangkat lunak :
  • Atur Folder : Atur folder-foldermu dan klasifikasi kan sesuai file didalamnya, misal file Video kamu masukan dalam folder video yang bisa kamu bikin sendiri, selanjutnya sama dengan tugas kuliah, kamu bisa masukan dalam folder tugas kuliah. Hal ini dimaksudkan untuk membuat file-file kamu lebih terorganisir dengan baik dan kamu lebih mudah mencari file tersebut. Lakukan pada setiap partisi harddisk mu dan kamu kontrol setiap file yang masuk dari mendownload atau dari file yang kamu bawa dari flashdisk setiap seminggu sekali sortir sesuai dengan folder nya sampai rapi. Keuntungannya file kamu lebih terorganisir, dan terlihat lebih tertata.
  • Disk Cleanup : Selanjutnya setelah PC kamu rapi, lakukan disk cleanup di general property salah satu Harddisk mu untuk membersihkan sampah dari recycle bin, system error memory dump files, temporary files, temporary internet files, thumbnails dan windows error report. Nah sampah-sampah itu beragam datang dari penggunaan kamu terhadap PC kamu, di beberapa PC yang yang saya Cleanup sampah dalam sistem nya bisa sampai puluhan GB. Jelas sampah ini nantinya akan mempengaruhi performa harddisk kamu dan Sistem operation yang kamu pakai.
  • Error-Checking : Sampah pun sudah hilang dari sistem, Setelah itu kamu lakukan Error-Checking di tab Tools dalam property harddisk mu . Apa gunanya? Untuk mengecek apa ada kesalahan pada sistem anda dan membetulkan file sistem yang error, bisa juga kamu centang lagi pada “scan for and attempt recovery of bad sector” jika kamu ingin sekalian mengetahui dan dibetulkan jika ada bad sektor pada harddisk mu. Schedule task nya sehabis restart, jadi untuk PCmu nyala selanjutnya Error-Checking ini bisa langsung bekerja. Kamu bisa tunggu prosesnya sambil makan, atau ngopi dan lakukan hal-hal bermanfaat lain karena memang cukup lama guys. Tunggu sampai selesai dan masuk ke Windowsmu.
  • Disk Defragmenter : Harddisk dan sistem mu sudah sehat, sampah-sampah sudah hilang ditambah folder-folder file mu sudah rapi, selanjutnya kamu lakukan Disk Defragmenter di tab Tools dalam property Hard-diskmu. Hal ini berfungsi untuk menata kembali file yang tersimpan didalam Hard-disk PCmu, file yang ditata oleh Disk Defragmenter bisa berupa sisa dari program yang telah terinstall ataupun program yang telah di uninstall dan juga bisa berupa hasil jejak file yang pernah di copy maupun yang pernah dihapus karena file-file tersebut pasti meninggalkan jejak yang jika dibiarkan dapat menyebabkan penurunan performa. Kamu bisa lakukan dengan klik Analyze terlebih dahulu setelah itu dia akan melakukan defragmentasi secara otomatis. Jika PCmu sebelumnya belum pernah atau jarang melakukan defragmentasi kayanya akan berjalan lumayan lama, jadi kamu bisa kembali lakukan hal berguna lain seperti tadi, kaya makan dan ngopi lagi kalau kamu mau. Kalau bisa semua harddisk dan partisi kamu defrag guys. Tunggu sampai defragmented ya.
  • Restart : Restart PCmu setelah semua tahap maintenancenya selesai, tunggu sampai menyala lagi. Dan kamu bisa rasakan perbedaannya PCmu akan lebih responsif dari sebelumnya.
Untuk Maintenance ganti pasta thermal memang mungkin ga perlu terlalu sering, semua cara tadi sekiranya memang masih belum waktunya kamu bisa sesuaikan lagi tahap tahap nya atau jadwal rutin pengecekan nya semua tergantung kamu karena cuma kamu aja yang tau soal pemakaiannya. Semoga cara ini dapat membantu kamu dalam mengoptimasi PC kamuSemoga pengetahuan kalian bertambah setelah membaca artikel ini.
Demikianlah pembahasan kali ini. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, tolong bagikan artikel ini dengan orang yang kalian kenal, sungguh berbagi adalah amalan yang mulia.

Jazakumullah Khair wa Barakallahu Fikum
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar

Post a Comment