Sharing & Pengertian Resolusi 4K

No Comments
akhifaisal.com

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga akhir zaman.

Assalamu'alaikum ikhwani wa akhwati fillah, banyak yang bilang sebuah gambar mewakili 1000 kata atau lebih malah, memang, apalagi jika kamu bekerja pada sebuah instansi atau kantor yang bergelut dibidang yang mencakup Photography, Video Maker, Multimedia, Gaming Developer dan lainnya kamu harus bisa menterjemah kan sebuah maksud ke dalam sebuah gambar atau adegan. Pasti banyak dari kamu yang bekerja di bidang ini atau pun kamu cuma seorang penikmat sebuah karya gambar dan multimedia yang menginginkan hasil yang super detail dengan gambar yang jernih, ga berbeda juga dengan kalian yang seorang gamers, saya yakin kalian akan tersakiti jika kalian ga bisa nikmati kualitas graphic game yang ga maksimal, ya kan? tapi kita akan cuma bahas kualitas gambar disini yang berkaitan dengan gambar yang di tampilkan di PC ya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kamu sebagai gamers ga bisa nikmati kualitas gambar maksimal, salah satunya bisa dari VGA kamu, yang memang ga menyanggupi System Requirements dari game itu sendiri jadi kamu hanya bisa mainin sambil kamu korbankan matamu untuk lihat pemandangan game yang ga nyaman termasuk performa nya yang bikin kamu super gregetan, faktor ini juga bisa menjadi kendala kamu sebagai Desainer grafis dan Video editor freelance yang semua job kamu kerjain dirumah dengan modal PC kamu aja, kalau VGAmu juga ga memadai untuk kamu bisa bikin video dengan kualitas bagus sedangkan klien kamu pasti meminta kamu untuk hasil video nya bagus, bening, tajam kamu bakal kelabakan sampai pingsan, jangan biarin itu terjadi padamu guys. kalo kamu ingin serius menjadi Desainer grafis dan Video Editor Freelance ataupun kamu yang mau belajar editing video dan motion graphic dirumah kamu juga harus punya spesifikasi PC yang memadai. saya faham kamu para desainer grafis dan Video Editor sebagian besar paham akan hal ini ya, ini cuma sebagai bentuk sharing aja, yang saya bisa kasih saran ke kamu untuk desainer grafis dan Video Editor yang baru mau terjun, pastikan PCmu punya 3 part penting yang harus sudah high-end, apa aja?
  1. Processor
  2. RAM
  3. VGA 
Itu tiga part teknis yang kamu harus paksa kan jadi high-end guys walaupun kalau di urut harusnya banyak part-part lain, tapi untuk kamu yang memang terbatas dalam budget, kamu bisa kumpulin untuk 3 part ini dulu yang bisa kamu kombinasi kan dengan part-part lain yang harganya murah misalnya Motherboard dengan harga 800 ribuan dan part murah lainnya asal kompatibel. 3 part ini sangat menentukan proses editing video kalian agar tidak lemot atau bahkan Lag? What? males banget ketika kamu lagi kerjain atau rendering project yang butuh kinerja maksimal dari ke 3 part tersebut  PC nya lag dan bluescreen tiba-tiba kamu baru ingat projectmu belum di save sedangkan klien mu sudah teleponin kamu setiap jam karena sudah lewat deadline, pingsan sudah.

tapi beda untuk kamu yang memang sudah pro dibidang Photography, Video Editor dan lainnya yang aku maksud juga dengan alat yang pro tentunya, kamu pasti tetap mengeluh, bukan, bukan mengeluh di PC yang kamu pakai, tapi di resolusi monitor yang kamu gunakan, karena aku yakin untuk kalian yang pro, resolusi Full HD atau Full High Definition kamu anggap sudah ga mumpuni untuk memenuhi hasrat kamu dalam melihat dan merekayasa gambar. dan ini lah yang mau saya bahas, yaitu tentang resolusi layar 4K UHD.

Apa itu Resolusi layar 4K UHD (Ultra High Definition)?

seperti yang biasa sering kita temui di youtube ada  pilihan resolusi video yang ingin kamu tonton yang bisa kamu pilih adalah 480p, 720p, 1080p. ini adalah pilihan resolusi gambar berdasarkan pixel. dan dimana 4K? 
4K seperti namanya berarti dimulai dari 4000p atau detilnya 4K = 3840x2160 untuk penggunaan rumahan dan 4K = 4096x2160 untuk penggunaan standar industri dua-duanya dengan format Horizontal dengan aspek rasio 16:9 atau 1.78:1 tentu teknologi ini di terapkan di layar monitor atau TV baru baru ini sering kita temui di mall atau sentra elektronik semacam itu, apa bedanya? Monitor atau TV 4K ini memiliki pixel density 458ppi dan memiliki resolusi horizontal dan vertikal 2 kali lipat dari format HDTV 1080p dengan 4 kali mempunyai lebih banyak pixel yang ada.

Untuk kamu yang suka merekam video dan editing, kelebihan kamu merekam dengan resolusi 4K adalah kamu akan mendapatkan hasil gambar yang jauh lebih halus dari resolusi 2K. yang terlihat jelas adalah adanya peningkatan dalam kejernihan gambar dan kontras tapi harus di imbangi juga dengan outputnya ke DVD atau Blu-Ray jika ingin tetap dapat kejernihan dan kontras yang sama.

Nah monitor ini yang bisa kamu coba bagi yang belum puas untuk menikmati gambar di PC kamu bisa kok kamu ga gunain monitor khusus PC yang 4K kamu bisa gunakan TV yang sudah 4K juga karena TV jaman sekarang apalagi yang memiliki resolusi 4K mempunya port HDMI dan DVI biasanya dan kalian bisa gunain TV itu untuk jadi Monitor kamu, tapi untuk bisa menjalankan grafis maksimal dalam Monitor 4K kamu juga harus memiliki VGA yang mumpuni, dan buat kamu yang pro kamu wajib deh pakai ini untuk menaikan lagi potensi dan kreatifitas mu.

nah, Itulah sedikit pembahasan tentang Pengertian Resolusi 4K. Semoga pengetahuan kalian bertambah setelah membaca artikel ini.
Demikianlah pembahasan kali ini. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, tolong bagikan artikel ini dengan orang yang kalian kenal, sungguh berbagi adalah amalan yang mulia.

Jazakumullah Khair wa Barakallahu Fikum

Referensi:
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar

Post a Comment