6 Tips Tetap Produktif Saat Covid-19 Melanda

No Comments
akhifaisal.com


Assalamualaikum,Halo people! sudah beberapa minggu ini kita dikagetkan dengan fenomena pandemi virus Corona atau sekarang disebut Covid-19, WHO sudah meresmikan nama ini yang awalnya di beri nama nCoV-19 menjadi Covid-19 nama ini mewakili kata Corona Virus Disease dan 19 untuk kode tahun 2019 saat virus ini pertama kali ditemukan.

Akibat penularan Covid-19 sangat cepat dan mudah, virus ini dalam beberapa bulan sudah menjangkiti orang-orang di beberapa negara. Covid-19 ini sudah menyebabkan banyak korban yang berjatuhan, maka beberapa negara menerapkan system “Lockdown” sebagai upaya untuk meminimalisir penularan dan memberikan waktu untuk mereka memperlajari lebih jauh tentang virus Covid-19 ini.

Hal ini menyebabkan hampir semua instansi, perusahaan dan perkantoran menerapkan system kerja dari rumah atau biasa disebut WFH (Work From Home), kecuali beberapa instansi dan pelayanan pemerintah tertentu yang tetap harus masuk seperti biasa, seperti BPBD, Damkar, Puskesmas, RSU, RSUD dan lain-lain.

Saya sendiri berkerja di perusahaan desain swasta yang bekerjasama dengan pemerintah, sehingga tetap bekerja dari rumah namun lumayan agak sibuk karena harus membuat desain-desain untuk mensosialisasikan tentang Covid-19 kepada masyarakat. Untuk beberapa orang mungkin WFH menjadi hal yang menyenangkan, saking menyenangkannya beberapa orang lupa bahwa momen WFH adalah momen untuk tetap bekerja dirumah, banyak yang bersantai dan secara tidak sengaja menganggap ini adalah hari libur, padahal tidak. Sehingga hal ini menyebabkan pekerjaan terbengkalai dan menumpuk secara diam-diam..

Nah, untuk menghindari hal tersebut saya akan membagikan tips produktif di kala Covid-19 Melanda.

1. Tetap jalankan rutinitas harian dikala kerja; 

Bangun pagi, mandi, sarapan, dan mulai beraktivitas seperti biasa seperti ketika kita kerja.
Dengan menerapkan rutinitas harian ini harian meski tidak pergi ke kantor hal ini dapat membantu kamu dalam meningkatkan mood kamu dalam/saat bekerja dari rumah.

2. Ciptakan tempat kerja yang nyaman untuk bekerja;

Agar moment WFH menjadi maksimal, carilah area yang nyaman dirumah kamu yang dapat kamu atur menjadi tempat kerja yang kondusif.

Kalau saya memilih tempat yang paling hening dan jauh dari lalulalang penghuni rumah, kondisikan dengan nyaman agar kamu tetap dapat bekerja dan menyelesaikan pekerjaan harian tanpa di tunda-tunda.

Saran saya sih jauhi bekerja di kamar, karena kamu akan lebih sering rebahan di banding duduk menghadap laptop/computer.

3. Menetapkan deadline harian;

Saya selalu menetapkan deadline harian pada hari-hari saya bekerja dari rumah, hal ini penting untuk menjaga ritme dan tempo bekerja kamu agar tidak ada pekerjaan yang tercecer dan menumpuk, apalagi untuk saya pribadi yang tidak suka punya PR tambahan.. deadline ini juga dapat membantu kamu untuk lebih focus menentukan pekerjaan mana yang kamu lebih prioritaskan.

4. Makan, minum dan konsumsi vitamin C;

Meski terdengar sepele tetapi meperhatikan makan, minum dan konsumsi vitamin C adalah salah satu cara agar system imun tubuh kita tetap terjaga sehingga kita tidak akan mudah sakit maupun tertular Covid-19.

5. Tetap berolahraga; 

Tetap bergerak dan berolahraga dapat membuat kamu tetap bugar dan membuat badan serta fikiran kamu menjadi segar dan siap untuk memulai bekerja dari rumah.

6. Tetap berkomunikasi dengan rekan kerja;

Jika kamu bekerja secara grup, maka hal ini sangat penting agar kamu untuk selalu berkordinasi bersama rekan atau atasanmu dalam menyelesaikan pekerjaan maupun project yang sedang kamu lakukan, hal ini juga membuat kita tetap semangat dalam bekerja dan menjadi suasana baru ketika kamu meeting hanya dengan discord, skype, atau software lainnya.

Nah, itu tadi 6 tips agar tetap produktif ketika Covid-19 melanda, semoga bermanfaat untuk kamu dan ingat untuk tetap sehat dan jaga diri agar penularan wabah ini cepat berhenti..


Previous PostOlder Post Home

0 komentar

Post a Comment